Mohon tunggu...
Ferani Nurisa
Ferani Nurisa Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri Malang

Hobi saya beraneka ragam, mulai dari hobi yang dilakukan di area indoor hingga outdoor, hobi saya meliputi membaca buku, menonton film, dan juga melakukan beberapa aktivitas seperti olahraga dan badminton. Kepribadian saya cukup pendiam bagi orang-orang yang baru mengenal saya. Namun bagi orang yang sudah mengenal saya lebih jauh, saya dinilai sebagai orang yang aktif dan pencicilan. Topik favorit saya apapun yang berkaitan dengan Korea, mulai dari pakaian, makanan, dan hiburan seperti drama hingga musik kpop.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Cara Mendapatkan Sertifikasi Digital marketing dan tips Memilih Lembaga Sertifikasi

16 Juni 2023   01:19 Diperbarui: 19 Juni 2023   14:02 105
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Di tengah era digital marketing yang semakin berkembang pesat, pemasaran digital merupakan bidang yang penting dan dibutuhkan baik bagi perusahaan, organisasi, hingga individu yang ingin memperluas jangkauan dan mengoptimalkan kehadiran online mereka. 

Sehingga bagi individu Sertifikasi dalam digital marketing adalah cara yang efektif untuk membuktikan kemampuan dan pengetahuan dalam bidang digital marketing. Berikut merupakan panduan mengenai cara mendapatkan sertifikasi digital marketing:

  • Pentingnya Sertifikasi Digital Marketing: Sertifikasi digital marketing sebagai bukti bahwa seseorang memiliki pemahaman yang mendalam tentang konsep, strategi, dan tools - tools yang digunakan dalam pemasaran digital. Melalui sertifikasi digital marketing membuktikan bahwa ia memiliki keterampilan yang diperlukan untuk mengelola kampanye pemasaran digital yang efektif. Sertifikasi bermanfaat untuk meningkatkan kepercayaan diri sebagai seorang profesional dan memberikan keunggulan kompetitif di pasar kerja yang kompetitif.
  • Memilih Sertifikasi Digital Marketing yang Tepat: Banyak program sertifikasi digital marketing yang tersediasehingga sangat penting untuk memilih yang tepat sesuai dengan kebutuhan dan tujuan yang ingin dicapai. Beberapa sertifikasi terkemuka yang dapat dipertimbangkan untuk melakukan sertifikasi seperti Google Ads, Google Analytics, Facebook Blueprint, HubSpot, dan Hootsuite. Sebelum melakukan pendaftaran hendaknya periksa persyaratan, kurikulum, dan biaya dari masing-masing sertifikasi untuk memastikan kesesuaian dengan kebutuhan dan anggaran Anda.
  • Persiapan Sertifikasi Digital Marketing: Persiapan penting dilakukan agar dapat  berhasil dalam mendapatkan sertifikasi digital marketing. Langkah pertama, identifikasi area yang perlu ditingkatkan pengetahuannya dan cari sumber daya pembelajaran yang relevan, seperti buku, panduan online, video tutorial, atau kursus daring. Selanjutnya, prakteklah dengan menggunakan tools-tools pemasaran digital secara langsung dan turut aktif untuk terlibat dalam proyek-proyek praktis untuk mengasah keterampilan. Manfaatkan  contoh soal ujian dan simulasi untuk mempersiapkan diri dengan format dan tipe pertanyaan yang mungkin muncul dalam ujian sertifikasi digital marketing.
  • Mengikuti Ujian Sertifikasi: Setelah semua persyaratan dan persiapan selesai langkah terakhir adalah mengikuti ujian sertifikasi. Sebelum mengikuti ujian, harus memastikan bahwa diri anda sudah memahami prosedur pendaftaran, biaya, dan jadwal ujian. Banyak sertifikasi digital marketing diselenggarakan secara online, sehingga memungkinkan fleksibilitas dalam memilih waktu yang sesuai dengan waktu luang yang anda miliki. Ketika mengikuti ujian, jaga waktu dengan baik dan jawab pertanyaan dengan hati-hati. Setelah menyelesaikan ujian sertifikasi, berdasarkan hasil dari ujian sertifikasi yang dikerjakan akan diberi tahu apakah Anda lulus atau tidak.

Banyak lembaga yang membuka Sertifikasi Digital Marketing, namun ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan dalam memilih Lembaga Sertifikasi Digital Marketing.

  • Identifikasi Tujuan: Langkah pertama adalah mengidentifikasi tujuan Anda dalam memperoleh sertifikasi digital marketing. Apakah ingin meningkatkan pengetahuan dan keterampilan umum dalam pemasaran digital atau apakah justru lebih tertarik pada tools-tools tertentu seperti SEO, media sosial, atau analitik? Menentukan tujuan Anda akan membantu Anda memilih lembaga sertifikasi yang sesuai dengan kebutuhan dan minat yang dimiliki.
  • Memeriksa Reputasi dan Akreditasi dari Lembaga Sertifikasi Digital Marketing: Sebelum mendaftar Sertifikasi Digital Marketing, penting untuk mengetahui terlebih dahulu reputasi dari lembaga tersebut. Beberapa informasi yang diperlukan dalam menentukan lembaga sertifikasi digital marketing yakni terkait seberapa lama lembaga tersebut mulai beroperasi dan apakah lembaga sertifikasi digital memiliki rekam jejak yang baik dalam memberikan pelatihan berkualitas. Periksa apakah lembaga tersebut memiliki akreditasi atau pengakuan resmi dari lembaga atau organisasi terkait di industri pemasaran digital.
  • Tinjau Kurikulum dan Materi Pembelajaran: Sebelum mendaftar Sertifikasi Digital Marketing, penting untuk memeriksa kurikulum dan materi pembelajaran ditawarkan oleh lembaga sertifikasi digital marketing. Pastikan bahwa kurikulum mencakup topik-topik yang relevan dan up-to-date dalam pemasaran digital, seperti SEO, SEM, media sosial, email marketing, analitik, dan lainnya. Selain itu perlu untuk meninjau materi pembelajaran disajikan dalam lembaga sertifikasi digital marketing apakah diberikan secara komprehensif dan mudah dipahami.
  • Mengevaluasi Metode Pengajaran: Setiap lembaga sertifikasi digital marketing tentunya memiliki metode pengajaran yang berbeda-beda. Beberapa lembaga sertifikasi digital marketing ada yang menawarkan kursus online sehingga dapat diakses kapan saja, sementara ada lembaga sertifikasi digital marketing lain yang menyelenggarakan kelas tatap muka atau webinar interaktif. Pertimbangkan preferensi belajar Anda dan pastikan bahwa metode pengajaran yang ditawarkan oleh lembaga tersebut sesuai dengan gaya belajar dan jadwal yang anda miliki.
  • Memperhatikan Biaya dan Nilai: Biaya merupakan faktor penting dalam memilih lembaga sertifikasi digital marketing. Perlunya untuk membandingkan biaya yang ditawarkan oleh lembaga-lembaga sertifikasi digital marketing yang berbeda dan tinjau fasilitas apa saja yang termasuk dalam biaya tersebut, contohnya seperti fasilitas untuk mengakses ke materi pembelajaran, ujian, dan sertifikat. Selain itu, pertimbangkan juga nilai yang diberikan oleh lembaga, seperti dukungan dan bimbingan yang diberikan selama dan setelah kursus.
  • Membaca Ulasan dan Testimoni: Ulasan dan testimony yang diberikan oleh peserta yang telah mengikuti ujian sertifikasi digital marketing di lembaga tersebut dapat memberikan informasi dan wawasan berdasaran pengalaman yang mereka dapatkan dari lembaga sertifikasi digital marketing tersebut. Ulasan dan tertimoni tersebut dapat ditemukan melalui situs web lembaga maupun platform ulasan independen.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun