Tugas perkembangan anak SD/MI
Dikutip dari jurnal ilmiah karya Fatma Khaulani, Neviyarni S, 3Irda Murni
Bahwa "Perkembangan Anak SD Havigurst mengatakan bahwa tugas perkembangan individu adalah tugas yang tampak pada suatu periode tertentu dalam kehidupan individu.
Keberhasilan akan dapat memberikan kebahagiaan serta memberi kemudahan dalam menjalani tugas-tugas berikutnya, dan apabila gagal akan menimbulkan kekecewaan bagi individu tersebut, dan mengalami kesulitan untuk tugas perkembangan berikutnya. (Syaodih). Anak yang berada dalam rentang 6-12 tahun pada hakikatnya menjalani tugas perkembangan berupa kemampuan yang harus dikuasai anak usia dasar."
Berikut tugas tugas perkembangan siswa usia dasar menurut ( prayitno: 2006 ) :
1. Belajar keterampilan fisik yang dibutuhkan dalam permainan
2. Pengembangan sikap terhadap diri sendiri sebagai individu yang sedang berkembang.
3. Berkawan dengan teman sebaya
4. Belajar melakukan peranan sosial sebagai laki-laki dan wanita.
5. Belajar menguasai keterampilan dasar membaca, menulis, dan berhitung.
6. Pengembangan konsep yang dibutuhkan dalam kehidupan anak. Pada masa ini anak hendaknya mempunyai berbagai konsep yang diperlukan dalam kehidupan sehari-hari. Seperti konseo warnam konsep jumlah konsep perbandingan dan lainnya.
7. Pengembangan moral, nilai dan kata hati. Pada usia SD anak hendaknya diajar mengontrol tingkah laku sesuai nilai dan moral yang berlaku.
Anak hendaknya dapat mentaati perauran, menerima tanggung jawab dan mengakui adanya perbedaan antara dirinya dan orang lain.
8. Mengembang sikap terhadap kelompok dan lembaga-lembaga sosial. Anak telah mampu belajar untuk menyadari keanggotaannya dalam keluarga dan masyarakat sekolah. Anak harus belajar mentaati peraturan-peraturan yang ada dalam keluarga dan sekolah.
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana. Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI