Mohon tunggu...
Feni Annisa
Feni Annisa Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Tidak semua hal bisa ditulis disini

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Mengembangkan Karakteristik Pembelajaran yang Mendidik

20 Maret 2023   10:40 Diperbarui: 20 Maret 2023   10:47 502
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Para praktisi pembelajaran terus berupaya untuk mengembangkan model-model pembelajaran yang mampu dalam mengoptimalkan partisipasi peserta didik dalam proses pembelajaran. Seperti yang telah disebutkan di awal, indikator karakteristik anak dapat dilihat dari beberapa faktor.  Faktor utama dilakukan dengan melalui;  

Pertama, mengidentifikasi karakteristik belajar pada setiap peserta didik di kelasnya. Walaupun sistem pembelajaran di indonesia masih menganut sistem klasikal, tapi karakteristik persamaan dan perbedaan setiap individual perlu untuk diperhatikan oleh guru. 

Kedua, semua peserta didik mendapatkan kesempatan yang sama untuk berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran. Kesempatan dapat diberikan kepada semua peserta didik dalam kegiatan pembelajaran. Guru harus menjamin untuk tidak adanya perlakuan yang diskriminasi dalam proses pembelajaran. 

Ketiga, mengelola kelas. Penempatan kursi mungkin berpengaruh bagi terciptanya pembelajaran yang baik. Kelas harus mempertimbangkan jumlah peserta didik dan materi, serta metode yang akan digunakan. Sebaiknya, format kursi dalam ruangan dapat dirubah. Bahkan pembelajaran tidak selamanya dilakukan dalam kelas. Penempatan kursi akan dapat berpengaruh terhadap partisipasi belajar anak. 

Keempat, mengetahui penyebab penyimpangan perilaku peserta didik. Guru tidak hanya menyampaikan pembelajaran yang bersifat kognitif. Guru perlu memperhatikan kelainan perilaku anak. Guru juga harus bertindak sebagai konselor. Penyimpangan perilaku tidak dapat dibiarkan. Penyimpangan perilaku perlu diobservasi dan didiagnostik. 

Kelima, membantu mengembangkan potensi dan mengatasi kekurangan pada peserta didik. Dengan melakukan berbagai tes kepribadian dan tes bakat minat dapat melihat potensi yang ada pada peserta didik. Tapi persoalan besar pada sistem pembelajaran klasikal yaitu potensi, bakat dan minat kurang dieksplorasi sebagai ciri khas karakteristik anak.  

Keenam, memperhatikan peserta didik dengan kelemahan fisik tertentu. Kelemahan fisik dapat diantisipasi melalu pengaturan kelas yang beorientasi pada kebutuhan anak. Jika ini diabaikan, maka anak yang mempunyai kelainan fisik akan sulit mengikuti kegiatan pembelajaran. Dampaknya, peserta didik tersebut termarginalkan (tersisihkan, diolok olok, minder, dan lain sebagainya). Banyak kejadian yang terjadi dalam dunia pendikan seperti sikap malu, takut, dan merasa tersisih, diakibatkan oleh perilaku teman kelas.  

Kenam faktor tersebut menjadi signifikan yang perlu diperhatikan oleh guru. Di samping itu, Perubahan paradigma pembelajaran dapat dijadikan sebagai langkah inovatif. Perubahan paradigma dapat dilakukan seiring dengan perubahan di era kemajuan teknologi. Perubahan paradigma dikonstruksikan sebagai upaya untuk melakukan perubahan pada proses pembelajaran. Dalam konteks pembelajaran yang mendidik,  ada berbagai pendekatan yang telah dilakukan oleh pendidik, sekolah, dan penentu kebijakan. Sebelum guru menyelenggarakan teknik pembelajaran yang mendidik, setiap guru perlu memahami tujuan belajar itu sendiri (Semiawan, 2000).

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun