Jualan bakso aci saat ini menjadi salah satu bisnis kuliner yang saat ini bisnisnya sangat menjanjikan.kuliner ini mempunyai banyak penggemar setia jadi tidak heran jika peluang bisnisnya sangat menggiurkan. Di Indonesia sendiri jika melihat trend kuliner tidak pernah redup dan selalu haadir dalam inovasi -- inovasi baru untuk setiap saji kulinernya salah satuya adalah bakso aci yang sekarang penggermarnya saat ini kalangan anak muda.
Bakso lumrahnya disajikan dengan kuah kaldu yang segar dan dilengkapi dengan topping seperti mie kuning, sohun atau bihun, dan dengan topping yang lainnya. Seiring berkembangnya zaman, bakso kian banyak jenisnya dan dimodifikasi oleh masyarakat yang memiliki jiwa kreatifitas yang sangat tinggi. Dari macam-macam bakso yang ada di Indonesia, jenis bakso yang sangat menarik perhatian masyarakat adalah bakso aci. Berbeda dengan jenis bakso yang lainnya, bakso aci bukan bakso seperti pada umumnya. Seperti Namanya, bakso aci terbuat dari bahan tepung kanji tanpa campuran daging.
Setelah adanya berbagai modifikasi dari baso aci, kini baso aci kian digandrungi masyarakat Indonesia. Salah satu baso aci yang sedang tren di kalangan masyarakat Indonesia adalah jenis Baso Aci Tulang Rangu. Baso aci tulang rangu merupakan salah satu olahan baso aci yang ditambahkan topping tulang lunak sapi. Dinamakan Baso Aci Tulang Rangu karena bahannya terbuat dari tulang lunak sapi dan dibuat di tanah sunda, oleh sebab itu Tulang Lunak diterjemahkan kedalam Bahasa Sunda menjadi Tulang Rangu.
Salah satu usaha untuk mencapai target penjualan suatu produk pada sebuah perusahaan pastinya membutuhkan strategi komunikasi pemasaran. Strategi komunikasi merupakan istilah yang dibangun atas penggabungan dua buah kata yaitu strategi dan komunikasi. Kata 'strategi' telah didefinisikan oleh banyak pakar, salah satunya Ahmad S. Adnan Putra yang mendefinisikan strategi sebagai bagian dari sebuah rencana dan rencana tersebut merupakan produk yang dihasilkan dari sebuah perencanaan.Â
Selanjutnya definisi 'komunikasi'. Definisi komunikasi yang paling umum diketahui adalah definisi yang dikemukakan oleh Effendy bahwa komunikasi merupakan suatu peristiwa atau proses penyampaian ide, pesan, informasi, gagasan atau emosi dengan menggunakan media tertentu dengan tujuan untuk menimbulkan efek, baik berupa Tindakan ataupun perubahan sikap. Effendy (dalam Arifin et al., 2021)
Strategi komunikasi pemasaran selalu dilakukan oleh pelaku bisnis atau usaha, oleh karena itu strategi komunikasi pemasaran merupakan aspek penting untuk sebuah usaha agar usaha tersebut dapat mencapai target dalam penjualan produknya.
Merintis usaha dengan jualan bakso tulang rangu memang bukan suatu hal yang mudah mengingat persaingan bisnisnya makin kompetitif. Tidak hanya bermain dengan pelaku usaha bakso Aci serupa melainkan juga harus bersaing dengan kuliner lainnya. Apalagi saat ini kemajuan teknologi mudah siapa saja untuk bersaing bebqs di pasaran, biar tidak kalah saing dengan pelaku usaha yang sudah lebih dulu bergelut di bidang yang sama, sebagai perintis kamu bisa lakukan beberapa strategi jualan bakso Aci tulang rangu agar daya saing semakin kuat
Berikut strategi penjualan bakso aci tulang rangu:
- tentukan segmen pasar yang tepat
-strategi jualan bakso Aci tulang rangu berani ber inovasi