Pendidikan di Indonesia memasuki babak kemajuan secara bertahap, terutama pada jenjang perguruan tinggi. masyarakat mulai menyadari makna dan tujuan Pendidikan tidak hanya untuk meningkatkan kemampuan sumber daya manusia di bidang keahlian untuk mengatasi keseimbangan sektor ekonomi suatu negara. Namun, salah satu gol dari Pendidikan itu sendiri yakni dapat memperluas jaringan kerjasama antar individu, kelompok atau organisasi, maupun perusahaan.Â
Bentuk kerjasama yang dilakukan dapat dilakukan secara formal dan non formal, yang dibedakan secara tertulis dan tidak tertulis. Menurut Mulyasa (2007), kerjasama antara sekolah dan industri dapat memperkuat pendidikan berbasis keterampilan (vokasional) dan meningkatkan kesiapan kerja siswa.yang meliputi program magang, penyediaan fasilitas dan penyelarasan kurikulum dengan kebutuhan pasar.
Mahasiswa program studi Magister Manajemen Pendidikan Universitas Pamulang, Tangerang Selatan mengadakan seminar pendidikan sebagai salah satu program praktik pengembangan sumber daya manusia pada tanggal 19 November di aula rektorat Universitas Pamulang. Tema yang diusung mengenai penguatan stakeholder sekolah, disampaikan oleh narasumber Prof. Dr. Rais Hidayat, M.Pd dan Dr. Rudi Darmawan, S.IP., MM.
Kegiatan berjalan dengan lancar sesuai harapan dan arahan para dosen pengampu, yaitu Dr. Yulita dan Dr. Sri. Mahasiswa dari seluruh prodi magister manajemen pendidikan ikut berpartisipasi dan tergabung sebagai panitia acara. Seksi Humas yang diketuai oleh Felly Saryani dan Heru Purwanto sebagai wakil ketua, berkerjasama dengan beberapa brand lokal sebagai sponsorship, yaitu brand penerbit buku Erlangga, produk kecantikan SR12, produk peoperti Bulisu, Maega Rihlah tour & trafel serta produk bidang kuliner, Madani coffe & eatery.Â
Kerjasama sponsorship merupakan salah satu strategi yang banyak digunakan oleh perusahaan untuk meningkatkan visibilitas merek, memperkuat hubungan dengan audiens, dan mencapai tujuan bisnis tertentu. Melalui kerjasama ini, perusahaan bertindak sebagai sponsor yang memberikan dukungan finansial, barang, atau jasa kepada individu, organisasi, atau acara tertentu dengan imbalan eksposur atau manfaat lain yang dapat membantu memperkuat merek mereka. Penyelenggara acara dapat memanfaatkan kerjasama yang akan saling memberikan benefit sesuai tujuan dengan berbagai opsi yang akan di dapat oleh pihak sponsor.
Kerjasama tidak hanya sampai di situ, penyelenggara dapat melanjutkan kerjasama setelah melakukan evaluasi dengan memberikan questioner kepada para sponsorship untuk mengetahui feed back atau timbal balik yang dapat menambah masukan berupa kritik dan saran agar di lain waktu dapat tercipta kembali kerjasama yang lebih baik lagi.
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI