[caption id="attachment_86691" align="aligncenter" width="512" caption="IKEA"][/caption]
Benda Apakah IKEA Itu?
Temanku dari Indonesia bertanya "Apa itu IKEA?", kemudian temanku yang sedang kuliah di Malaysia namun belum pernah ke IKEA pun bertanya "Apa itu IKEA, gue kok gak tau?". Singkat kata, IKEA itu pada dasarnya adalah sebuah pusat belanja perabot rumah super lengkap dari barangan seperti kursi hingga gantungan baju dan alat pembersih kaca. [caption id="attachment_86689" align="alignleft" width="168" caption="Keluarga sedang cuci mata sambil berlibur (dok pribadi)"]
Alasan Kenapa IKEA Selalunya Ramai Pengunjung
Bagi yang belum pernah liat IKEA di Malaysia, mungkin karena IKEA tidak berada di jantung kota Kuala Lumpur, IKEA sedikit kepinggir kota. Namun demikian kok IKEA selalu ramai pengunjung ya? Apalagi saat semakin dekat dengan hari raya atau hari libur, IKEA pun semakin ramai. Mengapa demikian? Ini beberapa alasan yang bisa saya temukan dan layak untuk dijadikan contoh untuk kita yang ingin melakukan bisnis serupa (tidak serupa juga tidak apa-apa, hal dibawah bisa diaplikasikan untuk berbagai jenis bisnis juga) (i) Lokasi IKEA mudah untuk dikunjungi, Loh katanya tadi ikea letaknya tidak di jantung kota KL? Iya memang betul IKEA tidak berada di jantung kota, namun menariknya IKEA dikelilingi oleh jalan raya yang kompleks, jadi dari berbagai penjuru bisa dengan mudah datang ke IKEA, dari jantung kota KL pun terkoneksi. Bagi yang tidak ada kendaran pribadi, bisa menggunakan kendaraan umum seperti kereta Light Rapid Transport yang dilanjutkan dengan shuttle bus gratis dari dan ke IKEA. [caption id="attachment_86693" align="alignright" width="210" caption="Jalur ruang pamer IKEA (dok pribadi)"]
PelajaranYang Saya Ambil Dari IKEA
Kata orang memang hidup adalah proses belajar, oleh karena itu saya juga belajar dari IKEA. Pertama saat membuat bisnis sudah layaknya kita mempunyai daya saing. Daya saing seperti apa? nah itu kita yang tahu sendiri, karena jenis bisnis yang kita mau lakukan mungkin berbeda satu sama lain, tapi prinsip dasarnya adalah sama seperti yang saya tulis diatas, bahwa untuk membuat bisnis kita berhasil kita harus mempunyai: (i) Keunggulan strategis dari produk kita, (ii)Â penampilan-marketing yang baik dan menarik, (iii) harga yang masuk akal tanpa dan juga diimbangi dengan kualitas yang masuk akal dan (iv) interaksi yang baik dengan pelanggan. Selain dari sisi bisnis dari sisi lingkungan IKEA juga dapat di contoh, IKEA produknya (menurut mereka) dibuat menggunakan bahan-bahan ramah lingkungan, seperti kayu yang berasal dari hutan yang eco-friendly. Kemudian pelanggan dibiasakan untuk mengurangi penggunaan kantong plastik agar jumlah sampah yang tidak mudah terurai tidak semakin banyak. Apakah IKEA punya efek yang negatif? Jawabannya ada. Apa itu? Meningkatnya konsumerisme masyarakat yang cenderung tidak terkontrol. Koq gitu? Ya karena IKEA dapat merangsang minat beli para pembeli dengan hebat, jika tidak hati-hati memilih barang sesuai kebutuhan, barang yang terbeli bisa saja mubazir. Siapkah Indonesia menyambut FENOMENA IKEA seperti di Singapore dan Malaysia?
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H