Mohon tunggu...
Felita Ferren Lingga
Felita Ferren Lingga Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

salah satu hobi saya adalah menggambar dan membaca buku

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Geladi Hominisasi 5

23 Oktober 2022   22:40 Diperbarui: 23 Oktober 2022   22:49 33
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Selama proses geladi Hominisasi, saya diberikan tugas pra geladi dimana saya diminta untuk menganalisis lagu Indonesia raya stanza 3 dan menyampaikan pendapat di bagian manakah yanng paling bermakna bagi saya. Selain itu juga saya diminta untuk menonton sebuah video dan diminta untuk menyampaikan pendapat mengenai peran saya sebagai penerus bangsa dalam melestarikan budaya Indonesia. Dan untuk hari geladi Hominisasi dilaksanakan, saya diajak untuk mendengarkan beberapa penjelasan dan untuk bekerja sama dengan orang lain dalam waktu yang sangat dingkat untuk membuat suatu presentasi mengenai sebuah topik yang diberikan.

Pengalaman saya terkait dengan geladi Hominisasi ini membuat saya berlajar untuk lebih disiplin. Saya juga diajarkan untuk lebih berbaur, bekerja sama dengan orang yang abru dikenal, dan berani mengutarakan pendapat. Saya juga diajarkan untuk lebih pro aktif.

Diperlukannya kemampuan menggunakan logika dan bahasa yang baik sebagai warga negara agar terjalin hubungan yang harmonis dan baik dengan sesama manusia di lingkungin tempat kita tinggal sekitar. Tanpa logika dan bahasa yang baik, akan terjadi konflik dan kerusuhan dalam negara ini.

Manfaat yang didapatkan setelah mengikuti geladi Hominisasi ini adalah saya lebih bisa disiplin dalam ketepatan waktu. Selain itu saya bisa mengetahui cara berbicara dengan orang lain dengan baik, bagaimana mengatur kamera saat online agar enak dipandang oleh orang lain. Saya juga belajaar cara lebih proaktif lagi dan mau bekerja sama dengan baik. Mulai mengasah keberanian dan kesiapan dalam bertemu dan berkomunikasi dengan orang baru. Cara menyampaikan pendapat dan berdinamika dengan baik.

Kemampuan yang didapatkan saat geladi Hominisasi seperti cara bekerja sama dan cara berdinamika dengan baik dpat diterapkan langsung pada saat berkuliah. Seperti saat diberikan tugas kelompok, saya akan sudah tahu bagaimana cara berkomunikasi dan berbahasa dengan baik agar tugas yang dibuat dapat terselesaikan dengan baik dan cepat. Cara meningkatkan kemampuan dalam berpikir dan berbahasa sebagai warganegara adalah dengan terus berlatih, jangan pernah berhenti berlatih karena dengan berlatih bisa membaik dan jangan pernah takut untuk mengutarakan pendapat menggunakan bahasa yang benar.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun