Mohon tunggu...
Felissha SafaNaila
Felissha SafaNaila Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa di Universitas Diponegoro

Sedang berkuliah di Universitas Diponegoro Semester 8

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Mahasiswa KKN UNDIP Melakukan Peningkatan Branding Bagi Pelaku UMKM Desa Klampok

17 Februari 2023   22:58 Diperbarui: 17 Februari 2023   23:01 574
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pemberian Standing Banner kepada Pemilik UMKM/Dokpri

Klampok, Wanasari, Brebes (Kamis, 11/2). Mahasiswa KKN Tim I Undip 2022/2023 Felissha Safa Naila dari program studi Manajemen Administrasi Logistik melakukan upaya peningkatan branding untuk UMKM Desa Klampok salah satunya yaitu UMKM keripik tempe Maripah.

Suatu produk agar dapat menarik dan melekat dalam benak konsumen sangat penting dalam sebuah usaha. Untuk mengenalkan produk serta citra positif bagi suatu produk adalah salah satu tujuan dari branding. 

Sebuah UMKM yang namanya belum dikenal banyak orang perlu dilakukannya branding.  Mengenalkan produk UMKM dan mendapat konsumen merupakan hal yang penting dalam berjalannya suatu usaha UMKM. Jika UMKM memiliki produk yang bagus, maka UMKM tersebut akan mudah untuk melakukan kegiatan penjualan produknya.

Keripik Tempe Maripah dipamerkan dalam expo KKN UNDIP/Dokpri
Keripik Tempe Maripah dipamerkan dalam expo KKN UNDIP/Dokpri

Pencitraan yang dilakukan agar sebuah merk atau brand terlihat berbeda dari merk lain sehingga dapat menciptakan citra yang menarik dan mudah diingat oleh konsumen adalah pengertian branding. Branding merupakan cara untuk mengenalkan UMKM lokal kepada orang banyak. Desa Klampok memiliki pelaku usaha UMKM yang tidak sedikit. Salah satunya yaitu keripik tempe Maripah. Siti Umaroh merupakan pemilik usaha keripik tempe Maripah yang sudah berjalan selama 2 tahun ini. Felissha selaku mahasiswa KKN UNDIP berkesempatan untuk meningkatkan branding Maripah yang agar semakin dikenal dan dikonsumsi banyak orang.

Saat diwawancarai, Siti Umaroh mengatakan bahwa keripik tempe Maripah saat ini sudah dilakukan pengiriman ke sejumlah kota salah satunya yaitu di kirim ke Bekasi.  Tidak hanya itu, keripik tempe maripah juga sudah mempunyai distributor yang berada di Jakarta. Keripik tempe maripah yang awalnya hanya dititipkan di warung- warung, saat ini sudah dikirim ke luar kota.

Expo KKN UNDIP Tim 1 Kabupaten Brebes/Dokpri
Expo KKN UNDIP Tim 1 Kabupaten Brebes/Dokpri

Felissha selaku pelaksanana program peningkatan branding UMKM Desa Klampok menjelaskan terkait pentingnya branding UMKM terhadap suatu produk. Selain melakukan edukasi peningkatan branding. Felissha juga memberikan standing banner sebagai upaya peningkatan branding UMKM keripik tempe Maripah. Standing banner yang diberikan sangat berguna jika ada acara bazar UMKM. Tidak hanya pemberian standing banner, Felissha juga membawa produk Maripah dengan standing banner dalam acara expo gelar karya KKN UNDIP Tim I di gedung Islamic Centre Brebes. 

Keripik tempe Maripah dikenalkan sebagai salah satu produk UMKM yang ada di Desa Klampok oleh Dosen Pembimbing Lapangan dan teman- teman yang berasal dari desa dan kabupaten lainnya. Dengan adanya edukasi tentang peningkatan branding UMKM dan pemberian standing banner, diharapkan UMKM di Desa Klampok mengalami peningkatan konsumen dan penjualan.

Packaging Keripik Tempe Maripah/Dokpri
Packaging Keripik Tempe Maripah/Dokpri

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun