Mohon tunggu...
Felicia Shafa Nada
Felicia Shafa Nada Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Hobi saya adalah berenang

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Geladi Hominisasi

21 November 2022   22:27 Diperbarui: 21 November 2022   22:31 51
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Geladi Hominisasi adalah salah satu kegiatan yang wajib dilakukan oleh seluruh mahasiswa Unpar. Geladi ini dilaksanakan untuk menanamkan nilai-nilai SINDU. Geladi Hominisasi ini juga dilaksanakan oleh mahasiswa untuk berupaya agar berpikir logis dan bertanggung jawab. 

Didalam pelaksanaanya terdapat beberapa proses yaitu, mengerjakan tugas pra geladi, pelaksanaan geladi melalui zoom meeting, dan tugas pasca geladi. Pada tugas pra geladi, Kami sebagai mahasiswa diminta untuk menjelaskan bagian syair dari lagu Indonesia Raya yang menarik bagi masing-masing mahasiswa. Selanjutnya kami diberi tugas untuk menonton dan menjawab pertanyaan mengenai film dokumenter yang dipilih. 

Kemudian pada saat zoom meeting, kami dibagi menjadi beberapa kelompok, didalam kelompok tersebut kami diminta untuk berdinamika untuk mempresentasikan tema yang sudah kami dapatkan. Kelompok saya mendapatkan tema Hari Pahlawan, dan kelompok saya membawakan presentasi berupa podcast. Setelah zoom meeting berakhir, kami diberi tugas pasca geladi yaitu dengan membuat narasi.

Refleksi pengalaman saya terkait dengan Geladi Hominisasi adalah saya harus lebih percaya diri untuk mengutarakan pendapat, lebih berani untuk berbicara, dan menerima pendapat dari teman-teman. Menurut saya setelah mengikuti geladi hominisasi kemampuan menggunakan logika dan bahasa sebagai warga negara sangat diperlukan karena dengan menggunakan logika dan bahasa akan memudahkan kita semua untuk berkomunikasi antar warga negara.

Geladi Hominisasi sangat bermanfaat untuk saya. Saya mendapatkan banyak manfaat setelah mengikuti Geladi Hominisasi. Diantaranya yaitu, saya belajar untuk lebih percaya diri, saya belajar untuk berani mengungkapkan pendapat, saya belajar untuk bekerja sama dengan tim, dan saya belajar untuk mengatur waktu dengan baik. 

Kemampuan yang sudah saya dapatkan setelah mengikuti geladi akan saya terapkan dalam perjalanan kuliah dengan lebih berani untuk mengungkapkan pendapat, berdiskusi kelompok dengan baik, memimpin suatu diskusi kelompok, mendengarkan pendapat teman, dan lebih mengatur waktu dengan baik. 

Setelah melaksanakan geladi saya juga akan meningkatkan kemampuan saya dalam berpikir,dan berbahasa dengan banyak berlatih dan bertukar pikiran dengan teman-teman saya. Geladi Hominisasi sangat bermanfaat bagi saya dan saya akan selalu menerapkan nilai-nilai yang sudah ditanamkan dari geladi hominisasi. 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun