Mohon tunggu...
Felicia Florence Hermawan
Felicia Florence Hermawan Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa Aktif UNPAR

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Geladi Hominisasi

5 Oktober 2022   13:29 Diperbarui: 5 Oktober 2022   13:34 55
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pada hari minggu tgl 2 oktober 2022, saya mengikuti kegiatan geladi yang diadakan Universitas Katolik Parahyangan, ada pun tujuan kegiatan ini adalah untuk memupuk rasa kecintaan kita pada bangsa Indonesia dan mengasah kecerdasan soft skill kita dalam berkomunikasi dengan orang asing di sekitar kita. Adapun hal yang saya lakukan dalam menumbuhkan rasa kecintaan saya pada bangsa Indonesia adalah dengan memaknai lagu kebangsaan kita yaitu lagu Indonesia Raya, bahwa dalam lagu tersebut tersirat rasa cinta terhadap tanah air, betapa kita melewati perjuangan yang sangat panjang untuk mendapatkan kemerdekaan ini.

Setelah mengikuti kegiatan ini rasa bangga dan rasa memiliki saya terhadap bangsa Indonesia semakin besar, saya seolah disadarkan lagi bahwa Indonesia kaya dengan budaya dan keneka ragaman suku bangsa yang wajib kita lestarikan, semua itu merupakan aset yang berharga bagi bangsa kita, contohnya batik.

Setalah mengikuti kegiatan ini juga saya sadar bahwa sebagai warga negara Indonesia yang terkenal dengan keramah tamahannya, kita harus mempraktekan perilaku tersebut dalam kehidupan sehari hari, bagaimana kita harus berpikir dulu sebelum bertindak dengan mengutamakan asa Pancasila, dengan tidak bertindak semena mena dan bagaimana kita harus bertutur kata yang baik sesuai dengan kepribadian bangsa Indonesia.

Manfaat bagi saya sendiri kegiatan ini membuat saya sadar bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang beradab yang kaya akan keaneka ragamannya, sehingga kita sebagai warga negara nya harus mampu mempertahankan nama baik Indonesia minimal dengan berlaku sesuai Pancasila, saling menghargain, menghormati setiap perbedaan yang ada dan dapan bertutur kata yang baik tanpa menyakiti pihak mana pun

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun