GROBOGAN Â Kamis (16/8) - Seiring dengan berkembangnya teknologi di jaman yang serba modern ini, berkembang pula tuntutan dan harapan masyarakat akan pelayanan publik. Pelayanan yang dilakukan aparatur pemerintah saat ini dirasakan belum dapat memenuhi tuntutan masyarakat. Upaya dalam mengatasi hal tersebut yaitu dengan melakukan survei kepuasan masyarakat pengguna layanan, selain itu survei tersebut digunakan pula sebagai sarana perbaikan pelayanan.
Mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro (Undip) memberikan edukasi tentang kualitas pelayanan publik melalui survei kepuasan masyarakat di Kecamatan Gabus Kabupaten  Grobogan. Workshop yang berlangsung di Aula Kantor Kecamatan Gabus ini merupakan program multidisiplin dari mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tim II Undip di Desa Tlogotirto.
Untuk mengukur itu semua, perlu dilakukan survei kepuasan masyarakat atas pelayanan administrasi yang telah dilakukan. Sehubungan itu, mahasiswa KKN Undip telah melakukan survei kepada 100 responden dengan menggunakan kuesioner pada tanggal 6 hingga 12 Agustus lalu kepada masyarakat penerima layanan di kantor pelayanan administratif Kecamatan Gabus. Adapun beberapa indikator kepuasan masyarakat yang digunakan antara lain waktu, biaya, kemudahan proses, kesopanan dan keramahan pegawai serta kemampuan pegawai dalam melayani masyarakat.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H