KKN Tematik MDBPE-MBKM UPI 2021 Gelombang 1 diikuti lebih dari 3.000 mahasiswa. KKN Tematik MDBPE-MBKM merupakan program "Kegiatan Kuliah Kerja Nyata Tematik Membangun Desa Melalui Bidang Pendidikan dan Ekonomi dalam implementasi Merdeka Belajar dan Kampus Mengajar".Â
Seperti yang kita ketahui, kegiatan KKN ini biasanya dilaksanakan secara langsung, namun dengan adanya pandemic Covid-19, pihak Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) UPI menyelanggarakan KKN secara daring. Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Pendidikan Indonesia 2021 merupakan salah satu kegiatan pengabdian masyarakat.Â
Salah satu kelompok KKN yang menjalankan pengabdian masyarakat program kerja yang telah dilaksanakan adalah Webinar Pemasaran Produk bagi pelaku UMKM Desa Kertamulya Padalarang.
Dalam Program Penanggulangan Dampak Covid-19 di Bidang Ekonomi memiliki tujuan untuk membangun desa melalui bidang ekonomi. Peran Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia sangatlah mendukung bangkitnya perekonomian Nasional. Di tahun 2018, UMKM menyumbang 60, 34% Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia.Â
Pada saat ini, berdasarkan data BI (Bank Indonesia), hasil penjualan UMKM melalui E-Commerce mengalami peningkatan yaitu sebesar 26% selama pandemi ini.Â
Pembatasa berskala besar mempunyai dampak yang cukup baik dalam waktu relative lama berdampak positif disegi kesehatan, penurunan penyebaran khususnya di Jawa Barat mulai dirasakan, namun hal ini berbanding terbalik pada sektor perekonomian.Â
Sejumlah besar tenaga kerja harus kehilangan pekerjaan, pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) terutama berskala mikro tak lagi memiliki modal untuk usaha, penutupan UMKM sebagai dampak tak langsung dari pembatasan berskala besar dan stay at home membuat UKM terpuruk karena tidak dapat melakukan usaha dan modal terpakai untuk keperluan sehari-hari.
Tujuan dilakukannya kegiatan tersebut adalah memberikan wawasan kepada masyarakat Desa Kertamulya Padalarang tentang pentingnya berwirausaha, meningkatkan keterampilan dan pengetahuan bagi pelaku usaha di Desa Kertamulya tentang sistem pemasaran serta memberikan arahan mengenai sistem pemasaran online.Â
Sasaran pada kegiatan ini adalah seluruh pelaku usaha yang ada di Desa Kertamulya, diantaranya yaitu: usaha fotocopy, telor asin, kerudung, dll. Dengan adanya kegiatan KKN ini, dilakukannnya pendampingan dengan mendatangi rumah pelaku usaha sekaligus pemasaran lewat media oniline. Keseluruhan kegiatan ini telah terlaksana dengan baik dan lancar.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H