Mohon tunggu...
Feby HartinaSirait
Feby HartinaSirait Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa Perikanan Unpad

Mahasiswa yang mendalami ilmu bisnis

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pemasaran Produk Ikan Tuna Asap Sambal Andaliman di Daerah Medan, Sumatra Utara

9 November 2021   13:26 Diperbarui: 9 November 2021   14:09 377
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

PEMASARAN PRODUK IKAN TUNA ASAP SAMBAL ANDALIMAN DI DAERAH MEDAN, SUMATERA UTARA

 

Ikan Tuna Asap Sambal Andaliman adalah produk olahan ikan tuna dan diolah bersama dengan rempah-rempah terutama andaliman khas Sumatra utara sehingga menghasilkan sambal dengan rasa yang sangat khas. Ikan Tuna yang sangat premium yang sudah di asap hingga sangat harum, lalu dikombinasikan dengan sambal yang memiliki diminan rasa andaliman sehingga menciptakan sensasi sambal yang sangat meresap dengan aroma Tuna Asap.

 

Produk sambal ini juga dikemas dengan kemasan kekinian dan dapat bertahan lama sehingga sangat praktis. Sambal ini sangat cocok dengan berbagi jenis tipe makanan yang di makan. Mudah di bawa dan di pakai untuk makanan apa pun sesuai dengan selera. Produk ini akan memenuhi kebutuhan primer konsumen yautu pangan, produk akan dikemas dengan praktis sehingga mempermudah konsumen untuk membawa produk. 

 

Keunggulan produk antra lain :  1) Rasa yang sangat khas dari ikan tuna dan rempah-rempah pilihan sehingga membuat konsumen ketagihan. 2) Rasa sambal yang berbeda dengan sambal lain karena menggunakan rempah andaliman khas Sumatra Utara. 3) Harga yang masih normal dan ramah di kantong masyarakat. 4) Kualitas produk yang aman dan higienis. 5) Praktis dibawa kemana saja. 6) Kemasan dengan FOODGRADE tinggi dan 7) Produk 100% Halal.

 


  • Gambar. Bentuk Kemasan Produk
  • Sumber. Google

  • Ikan Tuna Sambal Andaliman khas Medan ini memiliki pesaing sebanyak 4 pesaing. Diantaranya abon tuna, tuna kaleng dan lain lain. Sementara pesaing produk yang mendekati seperti sambal ikan tuna ada beberapa.
  • Bentuk pasar dari ikan tuna sambal andaliman khas Kota Medan ini adalah pasar persaingan sempurna dikarenakan terdapat banyak penjual dan pembeli sehingga masing masing tidak dapat mempengaruhi keadaan pasar, harga ditentukan oleh mekanisme penawaran dan permintaan dan tidak dapat diubah.

  • Teknis penentuan harga dari produk ini menggunakan Cost plus pricing .  Metode ini merupakan penetapan harga jual dengan berdasarkan biaya harga jual yang ditetapkan harus dapat menutupi biaya penuh yang telah dikeluarkan perusahaan untuk menghasilkan produk, dan menghasilkan laba yang dikehendaki.
  • Perhitungan mark up
  • Biaya nonproduksi                                          Rp   994.000
  • Laba yang diharapkan                                     Rp 1.500.000
  • Jumlah                                                             Rp 2,494.000
  • Biaya produksi                                                Rp 2.700.000
  • Presentase mark up                                                        92%
  • Perhitungan harga jual
  • Biaya produksi                                                Rp 2.700.000
  • Mark Up 92% 2.494.000                                Rp 2.203.717
  • Jumlah                                                             Rp 4.903.171
  • Voume produk/unit                                                     200gr
  • Harga jual per unit                                          Rp      24.515

  • Harga akan selalu stabil, dikarenakan produk ini akan menjadi salah satu oleh oleh dari kota Medan
  • Ada 3 bentuk promosi yang digunakan untuk PRODUK IKAN TUNA ASAP SAMBAL ANDALIMAN ini yaitu Instragram, endorsement dan membuka gerai.  Promosi menggunakan Instagram, produk dapat dipromosikan dengan cara membuat akun instagram yang khusus untuk memperkenalkan produk, dan juga karena pada aplikasi instagram terdapat beberapa fitur yang dapat mendukung kegiatan promosi produk, seperti Ig Story, IG TV, IG Reels, dan Ig Ads. 

  • Pada fitur – fitur tersebut dapat mempromosikan produk dengan menampilkan informasi produk kepada para pengguna akun instagram khususnya para konsumen yang telah mem follow akun instagram produk, untuk konsumen yang belum mem follow akun instagram produk tetap dapat melihat produk dengan fitur Ig Ads, dengan begitu produk akan tetap terlihat di Ig Story konsumen. 

  • Selain untuk promosi, akun instagram ini juga dapat menerima pertanyaan pertanyaan dari konsumen terkait produk dan menerima pesanan konsumen melalui fitur DM Instagram.
  • Selain itu promosi juga menggunakan endorsement, 

  • Cara promosi yang saat ini juga sedang banyak digeluti para pemilik usaha produk kuliner yaitu endorsement, dengan endorsement kita dapat mempromosikan produk melalui para food vlogger, food blogger, atau influencer yang memiliki banyak pengikut untuk mereview produk yang kita pasarkan, dengan begitu para food influencer dapat mendeskripsikan produk dengan lebih nyata karena mereka akan mencicipi langsung produknya, sehingga konsumen dapat melihat dan memiliki gambaran yang lebih nyata terhadap produk. Endorsement ini dapat menjadi salah satu cara untuk mempromosikan produk.

 

Promosi dengan membuka Gerai, Membuka gerai di salah satu pusat kota medan untuk menarik traffic, pembeli bisa memesan produk secara langsung maupun menggunakan ojek online.

 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun