Seiring dengan perkembangan teknologi, digital marketing menjadi salah satu jenis strategi pemasaran yang banyak diminati. Salah satu contoh digital marketing yang banyak diminati adalah paid marketing.
Strategi pemasaran berbayar ini adalah salah satu cara tercepat untuk membantu calon pelanggan menemukan merek dan produk Anda. Dengan kata lain, strategi ini dapat meningkatkan kesadaran pada branding produk. Saat merek Anda mulai menarik perhatian calon pelanggan, kemungkinan besar merek tersebut akan menonjol di pasar.
Apa Itu Paid Marketing?
Melansir dari laman VWO, pemasaran berbayar atau paid marketing adalah strategi di mana bisnis akan menargetkan iklan ke berbagai pelanggan potensial berdasarkan minat, sasaran, atau interaksi mereka dengan merek.
Sementara itu, menurut Forbes, strategi ini menjadi salah satu kampanye pemasaran digital paling sukses dan efektif untuk mengangkat merek.
Bukan tanpa alasan. Pemasaran berbayar ini dapat memanfaatkan banyak saluran digital termasuk SERP (Search Engine Result Page), platform media sosial, dan situs web komunitas.
Selain menampilkan iklan  yang muncul di SERP dan halaman web seperti media buying, pemasaran berbayar juga dapat berbentuk posting sosial bersponsor dan artikel blog perusahaan. Nah, itulah yang membuat pemasaran berbayar begitu efektif.
Bahkan berdasarkan penelitian Retail Drive, sekitar 87% pelanggan akan memulai pencarian mereka di saluran digital, baik berbelanja online atau langsung ke toko.
Manfaat dari Paid Marketing
Seperti strategi pemasaran lainnya, pemasaran berbayar memerlukan perencanaan yang matang untuk implementasi yang sukses. Jika bisa dijalankan dengan baik, strategi pemasaran berbayar ini bisa membawa banyak keuntungan bagi bisnis.
Melansir dari Digital Shifters, berikut ini adalah manfaat dari pemasaran berbayar: