Mohon tunggu...
MYULIANTO EKA FEBRIYONO
MYULIANTO EKA FEBRIYONO Mohon Tunggu... Mahasiswa - MAHASISWA MANAJEMEN UNTAG SURABAYA

Hobi volly,healing

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Mahasiswa Untag Surabaya Membuat Kemasan pada Produk Kebab Pisang Dess Kepel

14 Januari 2023   14:48 Diperbarui: 14 Januari 2023   14:58 70
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gambar : Sosialisai Kemasan Produk

Kegiatan pengabdian ini melibatkan mahasiswa prodi manajemen UNTAG Surabaya. M.Yulianto Eka Febriyono yang terlibat dalam kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) memberikan penyuluhan branding produk UMKM. Melalui pembuatan Kemasan Produk ini harapannya mampu meningkatkan nilai tambah bagi pelaku UMKM di Desa Kepel, Kecamatan Kare, Kabupaten Madiun.

Berawal dari observasi awal oleh mahasiswa KKN UNTAG melaksanakan UMKM di Desa Kepel Kabupaten Madiun betapa kurangnya pada tampilan kemasannya sangat berpengaruh terhadap daya tarik pembeli pada setiap usaha tersebut. Febri selaku mahasiswa UNTAG yang sedang melaksanakan kegiatan KKN memilih mengajarkan kepada Ibu-ibu untuk mengerti tentang Kemasan yang sangat berpengaruh untuk daya tarik pembeli dan menjadikan tampilan kemasan menjadi lebih bagus.

Hal ini juga mendapat respon positif oleh pelaku UMKM. Bu Tri Puji L ketika ditemui menyapaikan bahwa "Saya sangat berterima kasih kepada teman-teman mahasiswa telah membantu pembuatan Kemasan Kebab Pisang Yang Sangat Simpel Ini". Kegiatan ini juga bertujuan agar pelaku UMKM juga dapat menggunakan kemasan yang sangat simpel ini namun sangat tren di kalangan milinial ini ketika hendak menambahkan varian produk.

Program ini bertujuan membantu memperbaiki tampilan pada kemasan usaha UMKM. Adapun beberapa mitra yang dilibatkan dalam hal ini yaitu para UMKM keripik tempe, keripik tales, keripik pisang.

Dalam sebuah desain kemasan, seorang desainer tidak dituntut untuk membuat kemasan yang menarik saja dan bagus secara visual, namun sebuah kemasan tentunya harus memiliki sebuah nyawa yang mana nyawa tersebut membuat sebuah desain tidak mudah dilupakan namun mudah diingat dan diidentifikasi.

Dalam meningkatkan penjualan dari produk UMKM dan para pelaku usaha dapat kembali melihat bagaimana kemasan mereka di pasaran, tidak hanya meningkatkan pada hal marketing saja tetapi ternyata sebuah desain kemasan dapat menjadi daya tarik secara visual untuk menarik target atau sasaran penjualan para pelaku UMKM dan UKM.

#UntagSurabaya #KitaUntagSurabaya #UntukIndonesia #UntagSurabayaKeren #EcoCampus #Kampuskompeten

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun