Mohon tunggu...
Febrian ramdhani
Febrian ramdhani Mohon Tunggu... -

mahasiswa pendidikan sosiologi FKIP, Universitas Mataram

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Susah Senang Mengenal Sosiologi

26 Maret 2015   19:23 Diperbarui: 17 Juni 2015   08:57 84
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Pada masa sekolah menengah atas dahulu , saya sudah mengenal apa itu yang namanya Sosiologi . Akan tetapi Sosiologi yang saya kenal dulu tidak terlalu banyak dan bahkan pada kelas dua dan kelas tiga saya sudah tidak mempelajari Sosiologi lagi karna saya masuk jurusan IPA . Setelah lulus sekolah menengah atas (SMA) saya mengambil jurusan Pendidikan Sosiologi di Perguruan Tinggi Universitas Mataram (UNRAM) . Maka dari itulah saya susah dan senang dalam mengenal Sosiologi .

Susahnya mengenal Sosiologi adalah saya tidak mendapatkan dasar dari pengertian Sosiologi tersebut karna semasa sekolah dulu saya telah mengambil jurusan IPA . Saya mengambil jurusan IPA karna guru Sosiologi saya pada saat kelas satu tidak memberikan materi Sosiologi dengan baik, karena guru tersebut tidak memiliki latar belakang Sosiologi . Saya malah mendapatkan pelajaran yang dekat dengan pelajaran agama , sehingga saya tidak mengetahui apa itu dasar Sosiologi tersebut pada kelas satu SMA .Itulah hal yang membuat saya menjadi masuk jurusan IPA, karena saya takut nanti apabila saya masuk IPS akan berjumpa dengan guru seperti itu, yang mengajar di mata pelajaran yang dia sendiri tidak memiliki latar belakang tentang materi pelajaran yang di ajarkan .

Senangnya adalah ketika lulus Sekolah Menengah Atas (SMA), saya kembali mengenal Sosiologi karena saya masuk dalam Prodi baru yang telah di buka oleh Universitas Mataram yaitu Pendidikan Sosiologi .Pelajaran yang dulu tidak saya mengerti, sekarang akan saya tekuni dan pelajari untuk membuat pengetahuan saya tentang Sosiologi menjadi lebih banyak karena pelajaran Sosiologi sangat saya sukai, karena mempelajari tentang masalah social yang ada di sekitar kita . Bukanhanya itu tujuan saya masuk Prodi Pendidikan Sosiologi, saya memiliki tujuan yang lain yaitu agar bisa menjadi seorang guru Sosiologi yang ideal . Karna banyak guru Sosiologi di daerah Nusa Tenggara Barat ini yang latar belakangnya tidak dari Pendidikan Sosiologi .

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun