MSIB dari Kampus Merdeka menjadi program yang memiliki banyak peminat di kalangan mahasiswa. Program ini meliputi kegiatan magang, dan studi independen bersertifikat. Saat ini Kampus Merdeka sudah memasuki Batch ke-3. Kegiatan MSIB Kampus Merdeka sendiri dimulai sejak Agustus 2022 lalu.
Selain magang, salah satu yang paling banyak diminati pada program kampus merdeka adalah Studi Independen. Kegiatan ini merupakan kegiatan pembelajaran yang mendukung pengembangan diri dan kemampuan mahasiswa diluar kelas perkuliahan namun tetap dianggap sebagai bagian dari perkuliahan. Mahasiswa yang berminat mengikuti kegiatan ini diharuskan mengikuti serangkaian tahapan dimulai seleksi hingga nantinya diterima sebagai peserta studi independen di masing-masing mitra.
Pada program kampus merdeka batch 3 ini saya diterima di kegiatan Studi Independen Akademi Digital Marketing dengan mitra PT Nurul Fikri Cipta Inovasi atau NF COMPUTER. Kegiatan ini Studi Independen ini dilaksanakan selama 5 bulan mulai dari bulan Agustus hingga Desember 2022. Diawali dengan pembukaan dari tim kampus merdeka, lalu perkenalan dengan mitra di minggu pertama pelaksanaan kemudian pembelajaran selama 5 bulan, kegiatan akademi digital marketing ini dilaksanakan secara daring.
Selama masa studi dilaksanakan pematerian diberikan oleh orang-orang yang kompeten di bidang Digital Marketing. Materi yang disampaikan sangat variatif dan menambah wawasan kami sebagai peserta.
Setelah kegiatan pembelajaran dilaksanakan selama kurang lebih 5 bulan di akhir kegiatan peserta dihadapkan dengan Final Project. Pada tugas akhir ini peserta diminta mengerjakan secara berkelompok untuk membuat suatu proyek dengan menerapkan materi Digital Marketing yang telah dipelajari. Mulai dari strategi, riset pasar, penggunaan tools, optimasi SEO dan media sosial, seluruh materi yang telah dipelajari perlu dilibatkan dalam proyek final ini.Â
Kelompok 1 grup 5 digital marketing melakukan branding terhadap satu toko hijab yakni Flvys Hijab dengan menerapkan strategi digital marketing. Kami melakukan pengembangan website, optimasi SEO, pemasaran melalui sosial media seperti Facebook, Instagram, hingga menjual produknya di marketplace Shopee.
Salah satu strategi promosi melalui sosial media adalah Instagram. Media sosial ini dipilih karena penggunanya yang banyak dan kemudahan dalam penyebaran informasinya. Desain feeds pada instagram Flvys Hijab dibuat dengan color pallete nuansa earth tone dengan dominasi warna coklat. Target dari pembuatan akun Instagram sendiri adalah memperoleh 100 orang pengikut dan 100 like untuk keseluruhan postingan dengan tujuan untuk memperkenalkan @flvyshijab dan meningkatkan ketertarikan calon konsumen melalui konten yang diposting sehingga nantinya konsumen membeli produk yang kami jual.
Setelah pengerjaan proyek selesai dilaksanakan tibalah saatnya untuk pemaparan hasil pengerjaan. Pada kegiatan pemaparan hasil Final Project ini kelompok kami didampingi oleh mentor dan diberi beberapa pertanyaan oleh penguji berkenaan dengan proyek yang kami kerjakan. Kemudian dilakukan evaluasi terhadap hasil beserta solusi yang ditawarkan terhadap kekurangan yang ditemukan.