Mohon tunggu...
Faztrack Consulting
Faztrack Consulting Mohon Tunggu... -

Faztrack berfokus pada PENINGKATAN kemampuan Anda dalam melakukan PERSUASIVE COMMUNICATION.\r\nMeningkatkan kemampuan selling dan service excellence termasuk PERSUASIVE COMMUNICATION.\r\nwww.GoFaztrack.com

Selanjutnya

Tutup

Money

Service Excellence – Mengukur Kepuasan Pelanggan

11 Desember 2013   15:46 Diperbarui: 24 Juni 2015   04:03 1259
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Kepuasan pelangga nadalah tingkat perasaan seseorang setelah membandingkan kinerja (hasil) yang dirasakan dengan harapannya, dengan diasumsikan bahwa kalau kinerja di bawah harapan, pelanggan akan merasa kecewa, kalau kinerja sesuai harapan, pelanggan akan merasa puas, dan kalau kinerja melebihi harapan, pelanggan akan sangat puas. Kepuasan pelanggan merupakan tujuan utama pelayanan prima. Bagaimana kita bisa mengukur kepuasan pelanngan? ikuti tips dibawah ini sesuai dengan slide di atas.

Kenapa pelanggan adalah raja?


  1. 90% pelanggan yang tidak puas tidak akan kembali
  2. Pelanggan yang tidak puas akan menceritakan pada minimal 9 teman/kerabat
  3. Pelanggan yang merasa puas akan menceritakan pada minimal 5 orang dan satu diantaranya pasti terpengaruh
  4. Biaya mencari  pelanggan baru 5x lipat dibanding  memeliharan hubungan dg pelanggan lama

Cara mengukur kepuasan pelanggan


  • Sistem keluhan dan saran : kotak saran/pendapat/keluhan, kartu komentar, saluran telepon khusus bebas pulsa, social media, sms, dsb.
  • Survei kepuasan konsumen: melalui pos, media massa, telepon, sms, maupun wawancara langsung/pribadi.
  • Ghost shopping: menyamar jadi pelanggan
  • Lost customer analysis: menganalisis penyebab pelanggan tidak lagi memakau jasa lembaga.
  • FGD (fokus group disscusion): mengumpulkan beberapa pelanggan potensial untuk diminta pendapat/pemikirannya

Metode mengukur kepuasaan pelanggan


  • Skala
  • Checklist
  • Kualitatif


* Untuk contoh penggunaan Skala, Checklist dan Kualitatif bisa lihat pada slide di atas.

SUMBER

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun