Mohon tunggu...
Faztrack Consulting
Faztrack Consulting Mohon Tunggu... -

Faztrack berfokus pada PENINGKATAN kemampuan Anda dalam melakukan PERSUASIVE COMMUNICATION.\r\nMeningkatkan kemampuan selling dan service excellence termasuk PERSUASIVE COMMUNICATION.\r\nwww.GoFaztrack.com

Selanjutnya

Tutup

Money

Faktor Penting Untuk Kepuasan Pasien

18 Februari 2014   21:59 Diperbarui: 24 Juni 2015   01:42 151
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

service excellence rumah sakitPasien manapun yang berobat di rumah sakit tentu membutuhkan pelayanan terbaik, mereka butuh kepuasan saat di tempat tersebut. Sayangnya tak sedikit rumah sakit yang hanya memberikan peralatan lengkap,dokter hebat dan karyawan yang pandai namun mereka semua tidak bisa memberikan kepuasan pada pasiennya.

Service excellence rumah sakit adalah cara untuk memberikan kepuasan kepada pasien dan ini harus dilakukan oleh setiap rumah sakit bila mereka ingin mendapatkan pasien yang setia. Kepuasan pasien akan didapatkan bila semua komponen penting dalam rumah sakit tersebut bisa bekerja dengan maksimal untuk memberikan apa yang diinginkan pasiennya. Kerjasama karyawan, peralatan medis dan beberapa faktor lainnya harus dimiliki oleh rumah sakit.

Pasien akan mengamati terhadap jasa rumah sakit berupa pelayanan yang diterima oleh mereka dengan mengacu pada beberapa hal diantaranya adalah kualitas jasa yang diberikan rumah sakit,kualitas pelayanan, harga pelayanan jasa dan yang terakhir adalah faktor kebanggaan. Empat faktor tersebut jika dapat dilakukan oleh rumah sakit maka kepuasan pasien pun bisa didapatkan.

Service excellence rumah sakit harus mencakup beberapa faktor diatas, dengan demikian maka pasien akan mendapatkan kepuasan yang maksimal. Berikut ini beberapa penjelasan tentang faktor dalam memberikan kepuasan terhadap pasiennya.


  • Kualitas jasa
    Kualitas jasa yang diberikan rumah sakit terhadap pasien adalah penting, hal ini berhubungan erat dengan kepuasan pasien tersebut. Pasien akan merasa puas jika rumah sakit memiliki produk yang berkualitas.Konsumen dalam menilai kepuasan yang diberikan rumah sakit tersebut adalah saat mereka melihat kenyataan kualitas rumah sakit yang sebenarnya. Jika kualitas jasa yang ada sangat baik maka pasien pun akan senang datang di tempat tersebut.
  • Pelayanan
    Pelayanan adalah penting dalam memberikan Service excellence rumah sakit karena pasien akan merasa puas ketika mereka mendapatkan pelayanan yang baik dan sesuai dengan apa yang diharapkan.Ada sebagian pasien yang berpikiran bahwa mereka akan membayar berapapun asalkan mendapatkan pelayanan terbaik dari tempat tersebut.
  • Kebanggaan
    Pasien akan merasa senang dan bangga ketika mereka berada di rumah sakit yang memiliki reputasi baik dan dikenal banyak orang.Masyarakat beranggapan bahwa semakin terkenal dan ternama maka kualitas dari rumah sakit tersebut juga lebih bagus. Kebanggaan ini bisa didapatkan asalkan rumah sakit memiliki kriteria kepuasan yang diharapkan pasien.
  • Harga
    Harga memang menjadi bagian dari Service excellence rumah sakit karena sebagian besar tempat pelayanan kesehatan yang memberikan kepuasan maksimal harga pelayanan tersebut juga akan semakin mahal.Namun ada juga rumah sakit yang memberikan tarif harga murah sedangkan kualitasnya lebih baik dibandingkan dengan rumah sakit yang memberikan tarif harga lebih mahal.


Dari beberapa faktor diatas jika rumah sakit memilikinya maka pasien pun akan mendapatkan kepuasan yang maksimal.

- See more at: http://gofaztrack.com/service-excellence/faktor-penting-untuk-kepuasan-pasien/#sthash.ZnI2EfWt.dpuf

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun