Mohon tunggu...
Faztrack Consulting
Faztrack Consulting Mohon Tunggu... -

Faztrack berfokus pada PENINGKATAN kemampuan Anda dalam melakukan PERSUASIVE COMMUNICATION.\r\nMeningkatkan kemampuan selling dan service excellence termasuk PERSUASIVE COMMUNICATION.\r\nwww.GoFaztrack.com

Selanjutnya

Tutup

Money

Cari Pelanggan Baru atau Pertahankan yang Lama?

24 Februari 2014   23:40 Diperbarui: 24 Juni 2015   01:30 53
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Kinerja perusahaan sering dapat dilihat dari wajah permukaan bisnis perusahaan, yaitu yang langsung bersentuhan dengan pelanggan.

Sebut saja, fasilitas fisiknya atau yang bersifat tangible seperti gedung, peralatan yang digunakan, pakaian para pelayan di di garis depan. Jika pelayanan perusahaan (sangat) buruk, maka penilaian pelanggan kepada perusahaan cenderung buruk. Bahkan dalam banyak kasus, kondisi perusahaan juga sama buruknya dengan pelayanannya.

Kenapa begitu ?

Kualitas pelayanan yang buruk berdampak kepada gerak bisnis perusahaan. Survey menunjukkan :


  • 46% dari pelanggan tidak segan-segan meninggalkan perusahaan sebagai pelanggan perusahaan tersebut jika mendapat pelayanan yang buruk.
  • 49% responden mengatakan bahwa pelayanan yang buruklah yang mendorong mereka berpindah ke perusahaan lain.


Pelayanan pelanggan dan mutu produk yang buruklah menjadi alasan utama mengapa konsumen berhenti menjadi pelanggan perusahaan tersebut, melebihi alasan harga sebagai faktor yang menjelaskan mengapa perusahaan-perusahaan kehilangan konsumen.

Beberapa survey juga menunjukkan bahwa usaha untuk menarik pelanggan baru 7 – 10 x lebih mahal dibandingkan dengan mempertahankan pelanggan yang sudah ada.

Banyak literatur yang menyebutkan bahwa pelanggan yang memperoleh pelayanan yang baik cenderung menjadi loyal kepada perusahaan. Dan itu juga mungkin yang Anda rasakan selama ini juga bukan ?

Keluhan-keluhan pelanggan yang kecil juga bisa mengganggu kinerja bisnis perusahaan.

Survey mengatakan bahwa pelanggan yang memperoleh pelayanan buruk atau kecewa dengan pelayanan perusahaan akan bercerita kepada 7 orang lainnya.
Apalagi dengan adanya media sosial seperti sekarang ini, berita tentang keburukan perusahaan menyebar dengan jauh lebih cepat dan luas. Jika perusahaan tidak memperhatikan hal-hal yang kecil tersebut secara benar dan terus menerus, maka tamatnya perusahaan tersebut tinggal menunggu waktu.

Meskipun perusahaan menyadari bahwa kesetiaan pelanggan itu penting, namun masih banyak perusahaan yang belum melakukan tindakan maksimal dalam memperbaiki pelayanannya. Artinya, perubahan-perubahan yang dilakukan belum mampu memperbaiki kondisi pelayanan yang buruk atau bahkan cenderung pelayanannya masih stagnan atau dirasakan tidak berubah oleh pelanggan.

- See more at: http://gofaztrack.com/service-excellence/cari-pelanggan-baru-atau-pertahankan-yang-lama/#sthash.BxcgdBwU.dpuf

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun