Mohon tunggu...
Faztrack Consulting
Faztrack Consulting Mohon Tunggu... -

Faztrack berfokus pada PENINGKATAN kemampuan Anda dalam melakukan PERSUASIVE COMMUNICATION.\r\nMeningkatkan kemampuan selling dan service excellence termasuk PERSUASIVE COMMUNICATION.\r\nwww.GoFaztrack.com

Selanjutnya

Tutup

Money

4 Tips Ampuh untuk meningkatkan Pelayanan Prima

21 Februari 2014   17:49 Diperbarui: 24 Juni 2015   01:36 226
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Tidak dipungkiri , saat ini pelanggan makin jeli dalam melakukan pembelian.
Karena pelanggan memiliki banyak pilihan.

Jika perusahaan A tidak bisa memberikan layanan yang mereka inginkan, mereka akan berpindah ke lain hati. Bahkan pelanggan juga mengajak teman – temannya untuk tidak memilih perusahaan/produk A alagi, karena layanannya yang buruk.

Berikut 4 tips ampuh untuk meningkatkan pelayanan prima :


  1. Get close and personal
    Perlu dicatat bahwa setiap organisasi butuh untuk memahami pelanggannya terutama kebutuhan, keinginan dan kecenderungan pelanggan secara personal. Kadang beda pelanggan beda sentuhan yang mereka butuhkan. Layanan personal semakin dibutuhkan . Sangat mudah untuk melakukan segmentasi pasar, namun tidak mudah memahami kebutuhan mereka secara personal. Butuh waktu dan perhatian yang lebih untuk melakukan ini
  2. Tingkatkan kemampuan pelayanan setiap staff
    Memberikan pelayanan yang sempurna tentu saja butuh kerjasama setiap lini organisasi. Dan tidak akan berhasil kecuali setiap staff di perusahaan termotivasi bukan sekedar memberikan layanan, melainkan sebuah pengalaman. Setiap staff harus betul – betu dibuatkan sebuah sistem reward & punishment untuk meningkatkan kemampuan & keinginan untuk melakukan pelayanan. Sehingga setiap staff mengetahui hal apa saja yang harus dia tingkatkan demi memberikan kepuasan pelaggan.
  3. Beirkan informasi saat itu juga
    Pelanggan biasanya mengharapkan pelayanan langsung dan “real time”. Segala informasi yang mereka inginkan haruslah informasi terbaru yang paling update. . Ketika menerima komplain, maka para customer service pun harus melayani saat itu juga. Akan sia – sia jika melayani pelanggan setelah mereka marah – marah dan meninggalkan toko Anda.
  4. Ubah informasi menjadi visi
    banyak perusahaan memiliki data, data komplain, data pelanggan, data layanan dan sebagainya. Namun data itu tidak akan menjadi apa -apa jika tidak diolah menjadi sebuah visi. Visi yang berlanjut menjadi sebuah rencana tindakan. Tindakan untuk merespon dan memenuhi keinginan pelanggan. Apa yang mereka inginkan ? apakah kita bisa penuhi ?


- See more at: http://gofaztrack.com/service-excellence/4-tips-ampuh-untuk-meningkatkan-pelayanan-prima/#sthash.s44MuNeW.dpuf

Mohon tunggu...

Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun