Mohon tunggu...
Fazlina SilviBaroroh
Fazlina SilviBaroroh Mohon Tunggu... Mahasiswa - fazlina silvi baroroh

Fazlina Silvi Baroroh prodi Gizi Fakultas Psikologi Dan Kesehatan UIN Walisongo Semarang

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Perubahan Sosial Dengan Adanya Belanja Online

16 Mei 2021   10:37 Diperbarui: 16 Mei 2021   10:43 8310
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Belanja online. Sumber gambar: pixabay

Seiring perkembangan jaman kebutuhan hidup semakin meningkat. Kebutuhan hidup manusia sangatlah banyak salah satunya adalah pangan. Untuk memenuhi pangan manusia, pada umumnya masyarakat membeli bahan bahan pangan di pasar, toko, swalayan dan lain sebagainya yang mengharuskan kita bertemu orang banyak. Namun, di masa Pandemic Covid-19 yang masih mewabah di Indonesia pemerintah menghimbau masyarakat untuk menghindari kerumunan dan melakukan segala aktivitas di dalam rumah hal ini diiharapkan agar dapat memutus rantai penyebaran Covid-19. Sehingga banyak kalangan masyarakat beralih dari yang awalnya belanja langsung atau konvensional menjadi belanja daring atau online. Belanja online saat  ini marak dikalangan remaja hingga tua apalagi di masa pandemic seperti sekarang hal ini membuat transaksi online melonjak dengan pesat.

Perubahan gaya perilaku berbelanja online dapat dilihat dari banyaknya toko online yang menawarkan berbagai produk dengan harga yang lebih murah dibandingkan dengan harga pasar atau mall dll. Belanja secara online memberikan manfaat bagi masyarakat sebagai konsumen antara lain:

  • Belanja menjadi lebih gampang
  • Lebih mudah membandingkan harga dari satu online shop ke online shop yang lain.
  • Menghemat tenaga, waktu, tidak perlu berjalan dari toko satu ke toko yang lain untuk mendapatkan produk yang di inginkan.
  • Bisa membeli barang dari mana saja, dari luar kota maupun luar negeri.
  • Harga barang lebih murah di online shop daripada di toko konvensional seperti mall, pasar dll
  • Membantu perekonomian pedagang kecil.

Kemudahan yang diberikan berbagai online shop sehingga menimbulkan perubahan social dengan adanya belanja online sedikit banyak telah menggeser nilai soial yang awalnya transaksi di pasar menggunakan komunikasi secara verbal kemudian sebaliknya berbelanja melalui online proses transaksinya hanya melalui jaringan internet tanpa bertatap muka sehingga tidak adanya proses tawar menawar secara verbal.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun