Mohon tunggu...
Fayzer Inderalaya
Fayzer Inderalaya Mohon Tunggu... Aktor - Mahasiswa Universitas Ahmad Dahlan

mencoba menulis

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Perkembangan Content Creator

9 Juni 2021   14:42 Diperbarui: 9 Juni 2021   14:45 129
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

salam sejahtera untuk kita semua semoga di masa pandemic ini tidak menyurutkan semangat kita semua menjalani kegiatan sehari-hari. Saya selaku mahasiswa di universitas ahmad dahlan jurusan ilmu komunikasi menuliskan sebuah deskripsi tentang sebuah judul yamg telah tertulis diatas

 disini kita mulai dari suatu hal yang tak luput dari kehidupan kita yaitu sebuah media, media tak hanya sebatas berbicara tentang internet saja di media ada yang namanya konten creator

Menurut State of Digital Publishing, content creator adalah seseorang yang bertanggung jawab untuk setiap informasi yang ada di media, terutama media digital. Menurut mereka, content creator biasanya memiliki target audiens tertentu.

Sementara itu, menurut HubSpot, content creator adalah orang-orang yang membuat materi (konten) yang memiliki nilai edukasi dan hiburan. Materi ini juga kelak disesuaikan dengan keinginan atau ketertarikan dari audiens.

Nah jadi dari pengertian-pengertian diatas dapat kita ketahui bahwa konten creator ini diartikan sebagai orang yang membuat konten-konten yang sengaja mereka buat kemudian disebar ke berbagai platform media sosial yang tersedia YouTube, Instagram, atau Facebook.

Namun sebenarnya konten creator lebih dari sekedar pencipta konten semata, mereka memiliki fungsi yang terbilang besar dalam dunia marketing sekarang ini.

Bahkan, ada juga yang menyebut content creator sebagai penggerak content marketing.

Lazimnya, konten creator ini memakai berbagai macam platform untuk menyebarkan konten mereka nah jadi selain social media seperti youtube, facebook, dan juga blogger, selain itu mereka juga menggunakan infografik maupun ebook untuk menularkan konten nya tersebut. Untuk menjadi konten creator ini kita tidak perlu menjadi figure public, ketika kita sudah memutuskan untuk membuat video mengenai unboxing suatu barang kemudia kita mengunggah nya di akun Instagram , maka kita sudah dianggap pencipta konten.

Begitu juga ketika kamu membuat video perjalanan mudik ke kampung halaman, lalu mengunggahnya di YouTube, maka kamu juga sudah bisa dikatakan konten creator nah jadi gitu teman-teman mungkin sekaran para pembaca ini secara tidak sadar sudah berkontribusi di dunia pencipta konten, dijaman secanggih ini gak mungkin kan tidak memiliki akun instagram dan semacamnya. Nah untuk menjadi konten creator ini walaupun semua orang bisa melakukannya tetapi kita juga harus memiliki kreatifitas  serta mengandalkan logika yang perlu dipahami karena hal ini diperlukan untuk pembuatan konten yang bisa menggaet audiens.

Ada juga yang bilang jika proses penciptaan konten melibatkan otak kanan dan kiri seseorang. Di dunia serba modern seperti ini tentu konten creator diperlukan oleh perusahaan-perusahaan besar wajar saja mengingat konten menjadi konten kunci dari sebuah marketing yang dilakukan sebuah perusahaan ada pula istilah yang menyebut bahwa dibalik konten yang viral, selain strategi yang apik, ada juga konten yang menarik.

Untuk menjadi konten creator tentu punya tips nya tersendiri yakni

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun