salam sejahtera untuk kita semua semoga di masa pandemic ini tidak menyurutkan semangat kita semua menjalani ibadah puasa. Saya selaku mahasiswa di universitas ahmad dahlan jurusan ilmu komunikasi ingin bercerita tentang pengalaman saya menggunakan media sosial yang ada saat ini
PENGERTIAN MEDIA SOSIAL
Media sosial merupakan sebuah media atau wadah untuk bersosialisasi antara satu sama lain dan dilakukan secara online dimana manusia bisa saling berinteraksi atau bertukar informasi satu sama lain tanpa dibatasi ruang dan waktu
JENIS JENIS MEDIA SOSIAL
Berdasarkan fitur dan kegunaannya media sosial di kelompokan menjadi 8 jenis, yaitu
- Relation Network ( Facebook, Twitter )
- Media Sharing Networks ( Youtube, Instagram )
- Online Reviews ( Zomato, Trip Advisor )
- Forum diskusi ( Kaskus, Reddit )
- Social Publishing Platforms ( Tumblr, Blog )
- Bookmarking ( Pinterest )
- Internet-based Networks ( Linkedln Groups, Facebook Groups )
- E- commerce ( Tokopedia, Lazada )
 disini kita mulai dari suatu hal yang tak luput dari kehidupan kita yaitu sebuah media .selain tak luput dari kehidupan sebuah audience media juga berperan penting serta tak terhindarkan.Â
Dulu sebelum zaman secanggih ini saya pernah merasakan bahwa ponsel itu hanya semata-mata untuk nelpon dan sms, yak arena pada saat itu belum ada yang namanya WA, LINE, dan media komunikasi lainnya. Nah pada saat ini sudah sangat banyak sekali berbagai media sosial yang dapat kita gunakan untuk sekedar berkomunikasi. Tak hanya itu sekarang kita sudah bisa mengupload foto-foto kita di instagram, mengufdate status di Facebook, berbagi cuit-cuitan di Twitter, dan juga tempat saya menulis tulisan ini yaitu Kompasiana.
Awal mulanya saya menggunakan sosial media pada tahun 2009. Ya media sosial yang saya gunakan pada saat itu adalah Facebook, karena pada saat itu memang facebook mulai banyak di gunakan masyarakat Indonesia dan itu pun saya mengaksesnya dari warnet maklum HP nya belum support saat itu ( untuk HP saya ). Jujur saja pada saat itu saya membuat Facebook hanya untuk bermain game yang ada di dalamnya saja. Banyak game yang trend pada saat itu misalnya, seperti Ninja Saga, Wild Ones, Pet Society, Perjuangan Semut dan masih banyak lagi. Hingga sekarang pun saya masih aktif di Facebook tetapi hanya sekedar untuk melihat-lihat grup dan diskusi saja.
Seiring berkembangnya teknologi hingga saat ini banyak sekali sosial media yang telah saya gunakan, selain Facebook saya juga menggunakan Instagram untuk mengupload koleksi foto-foto atau sekedar berbagi kegiatan-kegiatan kita, kemudian di Twitter selain kita membuat cuitan bisa juga untuk di gunakan untuk mencari info maupun berita lebih cepat. Misalnya saja ada akun tentang sepak bola di Twitter, jadi saya dapat update tentang hasil pertandingan maupun transfer-transfer pemain.Â
Di twitter juga kita dapat berinteraksi dan lebih update tentang hal-hal apa saja yang trending di saat ini lewat tagar cuitan-cuitan orang. Kemudian media sosial yang saya gunakan saat ini yaitu Youtube, di Youtube saya sangat belajar banyak disana melihat-lihat tutorial berbagai hal, banyak sekali konten di youtube yang bisa menghibur kita semisal menonton tentang pembahasan film-film terbaru, anime, kartun, serta untuk sekedar mendengarkan music favorit. Nah kalo media sosial yang bersifat messenger, mulai dari BBM, LINE, Whatsapp, Telegram, yang biasa saya gunakan.
Nah di dunia yang serba teknologi ini selain mendapatkan informasi dan juga memberikan informasi juga memberikan dampak terhadap perubahan bisnis, yaitu dari cara beriklan, cara jual beli dan lain sebagainya, di Indonesia E-commerce sudah sangat popular dan memiliki reputasi yang baik sebut saja Tokopedia dan Lazada sebuah layanan internet yang di manfaat kan untuk jual beli hal ini banyak merubah dalam proses jual-beli, jika dalam suatu jual-beli penjual dan pembeli bertemu , namun di E-commerce mereka tidak perlu bertemu, mereka berinteraksi dengan melalui internet maupun dengan komunikasi melalui telepon. Tetapi, dalam proses ini kepercayaan lah yang menjadi modal utama, karena tanpa kepercayaan kedua belah pihak, maka proses jual beli E-commerce bisa terjadi dan terlaksana.