Peran UMKM di negara sedang berkembang masih relative rendah, khususnya pada produk-produk manufaktur dan daya saing UKM yang rendah, sehingga UMKM mengalami kesulitan dalam meningkatkan outputnya karena kalah bersaing dengan toko-toko online. Kondisi ini menjadi tantangan bagi UMKM di Indonesia. Dalam kaitan ini, UMKM dituntut untuk melakukan perubahan untuk meningkatkan daya saing perusahaan.Â
Dengan hadirnya Teknologi di era 5.0 menjadi terobosan bagi pebisnis, tak ketinggalan pula pengusaha UMKM untuk meningkatkan pemasaran dengan manfaat digital.
Source : bi.go.id , bkpsdmd.babelprov.go.idÂ
poster credit : Farah Fairuzzain (owner)
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H