Mohon tunggu...
faya n.f
faya n.f Mohon Tunggu... Foto/Videografer - mahasiswa

suka bercerita

Selanjutnya

Tutup

Analisis Pilihan

Inovasi dalam Berinvestasi

15 Desember 2024   19:42 Diperbarui: 15 Desember 2024   18:49 17
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
pinterest//Chairul Tanjung 

Abstrak:

 Inovasi sangatlah perlu dilakukan oleh perusahaan agar dapat berinovasi dalam menciptakan ide baru, proses baru, produk baru, dan meningkatkan kondisi bisnis mereka saat ini. Dari kegiatan inovasi, perusahaan dapat mendapatkan beberapa keunggulan yang dibutuhkan untuk berkembang, tetap kompetitif, berkontribusi pada pembangunan ekonomi nasional, dan peningkatan kinerja dalam hal keuangan. Inovasi investasi adalah proses untuk menghasilkan ide baru, konsep, produk, layanan, atau model bisnis yang membawa perubahan signifikan dalam operasi perusahaan atau industri secara keseluruhan. Inovasi investasi, merujuk pada fokus pada perusahaan yang menawarkan solusi inovatif sekaligus menciptakan pasar baru, meningkatkan pangsa pasar, atau memperluas pasar yang sudah ada. Inovasi dan investasi adalah dua hal yang berjalan seiring untuk membuat industri secara keseluruhan lebih baik, karena kompetisi menggiring industri untuk menciptakan produk yang lebih berkualitas dan harga atau biaya yang lebih rendah. Untuk memastikan inovasi dapat berjalan dengan lancar dan menghasilkan pengembalian yang positif, yaitu sangat perlu adanya inovasi dalam proses berinvestasi.

 Kata Kunci: inovasi,investasi.

PENDAHULUAN

Dalam beberapa tahun terakhir, industri investasi mengalami perubahan signifikan yang membutuhkan inovasi untuk meningkatkan efisiensi, mengurangi risiko, dan meningkatkan keuntungan. Perkembangan teknologi dan globalisasi ekonomi menciptakan peluang baru bagi investor untuk mengembangkan strategi yang inovatif. Kebutuhan akan inovasi dalam berinvestasi semakin meningkat seiring dengan meningkatnya kompleksitas pasar dan perubahan perilaku investor yang semakin beragam.

Dalam dunia kompetitif global saat ini, inovasi sangatlah perlu dilakukan oleh perusahaan agar dapat berinovasi dalam menciptakan ide baru, proses baru, produk baru, dan meningkatkan kondisi bisnis mereka saat ini. Dari kegiatan inovasi, perusahaan dapat mendapatkan beberapa keunggulan yang dibutuhkan untuk berkembang, tetap kompetitif, berkontribusi pada pembangunan ekonomi nasional, dan peningkatan kinerja dalam hal keuangan. Agar inovasi dapat berjalan dengan baik, kegiatan inovasi perlu dikelola sesuai struktur, budaya, dan logika organisasi menggunakan strategi yang tepat (Dereli, 2015). Proses inovasi juga perlu dipantau dan dievaluasi oleh perusahaan agar dapat dipastikan bahwa inovasi akan memiliki efek positif pada kinerja mereka, dan bukan malah menurunkan kinerja Perusahaan.

Proses menerapkan ide-ide baru ke dalam praktik merupakan salah satu definisi dari inovasi (Dereli, 2015). Sebelum inovasi dilakukan, perlu terjadi penemuan ilmu-ilmu yang selanjutnya dapat diterapkan dalam inovasi. Di antara penemuan dan inovasi, dapat terjadi jeda waktu yangbervariasi dari waktu yang singkat, seperti beberapa bulan, hingga waktu yang lama atau bertahun-tahun. Penemuan sendiri selain dapat terjadi di dalam perusahaan juga dapat terjadi di luar perusahaan yang melakukan inovasi. Dalam hal ini, perusahaan yang ingin melakukan inovasi kemudian dapat menerapkan penemuan dari perusahaan lain tersebut dari kegiatan akuisisi dalam produk atau layanan baru miliknyasendiri. Kedua hal tersebut, yaitu inovasi dan penemuan sangatlah penting karena tanpa inovasi, penemuan mungkin tidak akan berguna dalam dunia nyata,dan tanpa penemuan sebuah inovasi tidak akan bisa terjadi. Terdapat empat kategori inovasi, yaitu inovasi proses, inovasi organisasi, inovasi pemasaran, dan inovasi produk (DIIB UI, 2016). Inovasi proses berarti bahwa suatu kegiatan inovasi berfokus pada perubahan metode produksi atau distribusi yang lebih baik dari sebelumnya. Inovasi organisasi berfokus pada perubahan sistem organisasi untuk meningkatkan efisiensi dan kinerja. Inovasi pemasaran berarti strategi pemasaran baru yang diterapkan ditujukan untuk meningkatkan angka penjualan perusahaan. Terakhir adalah inovasi produk, yang berfokus pada penciptaan produk baru atau layanan baru yang lebih berkualitas dan diminati oleh konsumen.

TINJAUAN PUSTAKA

Menurut Everett (1983), inovasi dapat berarti segala hal baru dalam bentuk ide, gagasan, praktek atau objek/benda yang secara sadar diterima untuk diadopsi oleh suatu instansi, kelompok, atau individu. Sumber lain mendefinisikan bahwa inovasi tidak memiliki batas pada sesuatu yang berwujud seperti benda akan tetapi juga mencakup tindakan atau gerakan menuju perubahan dalam tata kehidupan masyarakat (Pervaiz andCharles, 2010). Inovasi juga dapat diartikan sebagai mekanisme suatu perusahaan dalam beradaptasi dalam suatu lingkungan yang dinamis, dimana perusahaan harus mampu mengeluarkan ide baru yang inovatif yang kemudian berujung pada produk baru yang lebih berkualitas untuk memenuhi kebutuhan pelanggan. (Hurley and Hult, 1945). Lebih lanjut, arti inovasi dalam suatu perusahaan juga dapat mencakup kegiatan R&D (Research and Development), kegiatan produksi, dan kegiatan pemasaran untuk memasarkan produk hasil inovasi tersebut.3

Inovasi merupakan proses pengembangan dan penerapan ide, teknologi, produk atau proses baru yang memberikan nilai tambah dan meningkatkan efisiensi, efektivitas dan kualitas hidup. Inovasi dapat di artikan sebagai penemuan baru dalam teknologi atau kemampuan dalam memperkenalkan sebuah temuan baru yang berbeda dari yang telah ada sebelumnya, contoh dalam investasi. Menurut Everett M Rogers, inovasi adalah ide, ojek, gagasan, dan praktik yang dilandasi dan diterima sebagai sebuah hal baru, baik oleh seseorang atau kelompok untuk diaplikasikan atau diadopsi. Kuniyoshi Urabe, inovasi bukan diartikan sebagai suatu kegiatan one time phenomenon, melainkan sesuatu yang membutuhkan proses panjang serta kumulatif. Di antaranya proses pengambilan keputusan oleh para anggota organisasi, mulai dari penemuan gagasan atau ide sampai dengan target pemasaran. Sedangkan menurut Stephen Robbins. Inovasi adalah ide atau gagasan baru yang mana diterapkan guna memprakarsai dan memperbarui produk, proses, ataupun jasa yang telah ada.

Inovasi investasi adalah proses untuk menghasilkan ide baru, konsep, produk, layanan, atau model bisnis yang membawa perubahan signifikan dalam operasi perusahaan atau industri secara keseluruhan. Inovasi investasi, merujuk pada fokus pada perusahaan yang menawarkan solusi inovatif sekaligus menciptakan pasar baru, meningkatkan pangsa pasar, atau memperluas pasar yang sudah ada.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
Mohon tunggu...

Lihat Konten Analisis Selengkapnya
Lihat Analisis Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun