Mohon tunggu...
Fawwaz Ibrahim
Fawwaz Ibrahim Mohon Tunggu... Lainnya - Aktivis Pendidikan

Belajar untuk menulis kembali

Selanjutnya

Tutup

Money Artikel Utama

Gebrakan Industri Asuransi Menuju Indonesia JAGADIRI

9 Mei 2015   11:56 Diperbarui: 17 Juni 2015   07:13 98
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

[caption id="attachment_382620" align="aligncenter" width="600" caption="Dok : JAGADIRI"][/caption]

Apa yang anda pikirkan kalau mendengar kata “ASURANSI”? Pasti tersemat kepada kata sulit, jlimet, ribet, males ngurusnya, ngabisin duit dst. Hal itu pun saya rasakan bagaimana repotnya ketika harus klaim asuransi.

Hari itu sepertinya biasa, saya pulang dari kantor sekitar pukul 16.30. Karena kakak perempuan saya baru pulang kuliah, dan minta di jemput saya pun kemudian pulang sambil menjemput kakak saya dengan motor kesayangan si Putih namanya. Kampus kakak perempuan saya tidak terlalu jauh dari kantor, jalan pulang pun bisa dikatakan sejalur.

Si Putih itu baru saja dibeli kakak saya sekitar 3 bulanan, akan tetapi karena belum bisa memakai si Putih, maka motor itu saya yang pakai sambil kakak saya belajar perlahan-lahan.

Perjalanan dari kantor tidak lebih dari 25 menit menuju kampus kakak saya, perjalanan dari kampus menuju rumah bisa dikatakan yang sedikit lama, bahkan tidak bisa di prediksi. Mengapa? Karena macet bisa saja menjebak kami. Akan tetapi jalan saat itu cukup lancar, hingga tepat pada azan magrib kami sampai di rumah.

Setelah sampai di rumah kami masih melihat Ayah sedang mengelap mobil, si Putih (baca motor) saya parkir di tempat biasa, dipelataran rumah. Saya pun biasanya membersihkan badan, ganti baju yang lebih santai dan kemudian beribadah. Karena ada janji dengan seorang teman, maka saya pun keluar rumah. Tapi heran saya melihat si Putih tidak ada, awalnya saya berfikir mungkin dipakai salah seorang adik saya. Dan saya pun pergi ke rumah teman dengan berjalan kaki, karena tidak jauh dari rumah juga kemudian saya menginap di rumahnya.

Saya pulang ke rumah sekitar pukul 5 pagi, dan saya tidak melihat si Putih pada tempatnya. Keheranan muncul pagi itu, saya masih berfikir bahwa si Putih dipaka adik saya. Tapi heran saya makin menyeruak, karena adik-adik saya lengkap pada tempat tidurnya.

Kebetulan saat itu Ayah tidak ada, saya bertanya kepada Bunda kemana Ayah pergi. Bunda bilang Ayah pergi mengantar Budhe ke terminal menggunakan mobil. Detik itu juga muka saya pucat pasi. Dan saya baru sadar pagi itu si Putih ada yang membawa pergi entah kemana.

Saya langsung menghubungi kakak tertua, karena saat itu saya tidak paham harus berbuat apa. Bunda pun itu gelisah tidak karuan. Saya putuskan untuk tidak masuk kerja hari itu, karena saran dari kakak tertua untuk mengurus surat kehilangan ke kantor polisi terdekat.

Setelah Ayah datang, saya ceritakan kronologi bagaimana hilangnya si Putih. Sesuai dengan petunjuk kakak tertua, maka saya, Ayah dan Bunda berangkat bersama pagi itu juga menuju kantor polisi terdekat. Tentunya untuk melaporkan prihal kehilangan si Putih.

Saya dan Ayah menjadi saksi mata, dimana kami di wawancara dengan banyak pertanyaan oleh salah seorang polisi. Hal ini menjadi yang terpenting dalam kejadian kehilangan, kalau ada yang hilang maka laporkan polisi terdekat. Kami menghabiskan waktu sekitar 1 jam untuk wawancara, kemudian kami berlanjut menuju kantor asuransi yang menaungi perusahaan si Putih di produksi.

Neraka njlimet yang orang-orang bilang mulai hadir perlahan secara nyata, karena saya tidak paham semua ketentuan yang ada. Dari sinilah, anggapan saya akan asuransi sangat sinis. Bahkan sangat menyita waktu untuk suatu klaim. Hingga saya pernah ingin berhenti untuk mengurus itu, karena hal itu bisa dibilang membuat waktu saya sangat tersita karena harus mengurus surat ini dan itu. Keterangan ini, keterangan itu. Pokoknya banyak ini itu, hingga baru bisa di proses untuk klaim

Akan tetapi definisi saya tentang asuransi yang terjadi pada pengalaman saya berubah drastis ketika mendapatkan penjelasan yang lebih komprehensif dari JAGADIRI – Central Asia Financial.

Masyarakat Indonesia Harus Teredukasi Pentingnya Asuransi

Tidak banyak orang yang paham makna detail atas asuransi, kebanyakan masyarakat lebih memilih maka simple dari asuransi itu, yaitu, ganti rugi atas apa yang dibayarkan apabila seseorang terkena musibah. Itulah yang ada dalam benak kebanyakan masyarakat di daerah saya.

Apabila menilik KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) kata asuransi mempunyai definisi yang cukup panjang, yaitu, pertanggungan perjanjian antara dua pihak, pihak yang satu berkewajiban membayar iuran dan pihak yang lain berkewajiban memberikan jaminan sepenuhnya kepada pembayar iuran apabila terjadi sesuatu yang menimpa pihak pertama atau barang miliknya sesuai dengan perjanjian yang dibuat.

Saya pun baru mengetahui macam-macam berbagai jenis asuransi, seperti asuransi jiwa, asuransi kesehatan, asuransi pendidikan dst. Dari adanya acara nangkring bareng JAGADIRI, jujur saya merasa sangat bodoh, karena pernah sinis tanpa mengetahui lebih jauh makna asuransi, juga regulasi yang sudah ditetapkan. Oleh karena itu, edukasi tentang asuransi kepada masyarakat harus lebih disebar seluas mungkin. Hal ini guna memberikan kesadaran penuh kepada masyarakat akan manfaat asuransi.

[caption id="attachment_382621" align="aligncenter" width="600" caption="Dok Pri: Nangkring Kompasiana Bareng JAGADIRI, salah satu bentuk edukasi kepada masyarakat"]

1431144460158868842
1431144460158868842
[/caption]

Dengan edukasi yang dilakukan, saya mendapatkan pengetahuan yang luas akan asuransi. Bahkan, pandangan sinis yang pernah tersemat, hilang dengan pengetahuan yang saya dapatkan secara objektif dan komprehensif.

Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) menyatakan bahwa pada tahun 2013 penduduk Indonesia belum sadar akan fungsi asuransi. Hal ini terlihat dari pergerakan asuransi jiwa yang masih sangat kecil dari pada populasi yang ada.

Hal ini dipicu karena kekurang-pahaman masyarakat tentang pentingnya berasuransi. Itu menjadi masalah besar bagi para penyedia asuransi pada saat itu.

Data pada tahun 2013 menyebutkan bahwa masyarakat Indonesia dengan populasi sebesar 240 juta jiwa, baru sekeitar 43,7 juta setara dengan 18 persen dari total populasi yang memiliki asuransi. Dari 43,7 itu pun, baru 11 juta atau setara dengan 4,5 persen yang memiliki asuransi jiwa individu.

Dari data di atas tentu menjadi tantangan tersendiri bagi industri asuransi. Akan tetapi itu tidak menjadi industri pada sektor ini mati. Kekurang pahaman masyarakat atas asuransi itu malah menjadi peluang yang besar kepada industri asuransi, untuk melakukan terobosan memberikan edukasi lebih luas kepada masyarakat tentang asuransi.

Jatuh bangun industri asuransi Indonesia telah cukup memberikan pelajaran kepada para penyedia asuransi. Dengan berbagai cara industri asuransi membuat edukasi terhadap masyarakat luas, juga banyak menggandeng berbagai instansi yang di mungkinkan mampu memberikan pemahaman secara langsung kepada masyarakat.

[caption id="attachment_382622" align="aligncenter" width="600" caption="Dok. Pri: Bincang Kompasianer Bareng JAGADIRI di Moderatori Oleh Nurul"]

14311448032128833056
14311448032128833056
[/caption]

Kerja keras itu tidak nihil, bahkan berbuah pada tahun 2014. Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) melansir, bahwa jumlah nasabah asuransi Indonesia meningkat cukup tinggi, yaitu sekitar 92,5 persen, setara dengan 45,77 juta jiwa.

Pertumbuhan nasabah ini adalah bentuk yang memberikan titik cerah kepada masyarakat akan pentingnya asuransi. Pertumbuhan nasabah yang ada ditopang oleh jumlah tertanggung individu maupun kelompok. Akan tetapi, hal yang paling penting adalah telah ada peningkatan kesadaran masyarakat akan pentingnya asuransi jiwa. Prediksi yang paling mungkin, nasabah asuransi jiwa di Indonesia akan meningkat dengan perjalanan waktu. Tentu ini menjadi sinyal positif pagi perkembangan industri asuransi.

Akan tetapi, hal penting untuk terus meningkatkan pertumbuhan agar masyarakat sadar asuransi adalah, pengenalan produk-produk asuransi secara dinamis dan menarik kepada masyarakat. Tentunya, hal ini harus dilakukan secara terus menerus untuk memberikan kesadaran dan melek akan asuransi jiwa.

Perlu diketahui, walau Indonesia telah mendapatkan peningkatan nasabah asuransi setiap tahunnya, akan tetapi ini masih jauh dibandingkan negara lainnya setingkat Asia. Oleh karena itu, ini menjadi tantangan selanjutnya untuk industri asuransi atas edukasi produk-produk yang dimiliki kepada masyarakat.

JAGADIRI itu penting!

PT. Central Asia Financial(CAF) sebagai salah satu perusahaan asuransi yang bercita-cita memberikan perlindungan terbaik kepada masyarakat Indonesia. Akan tetapi pelayanan yang diberikan adalah pelayanan yang kekinian. Sehingga lahirlah brand, JAGADIRI sebagai salah satu bagian dari keluarga besar Salim Group.

JAGADIRI di lauching pada tanggal 27 Januari 2015, akan tetapi JAGADIRI mempunyai hal yang berbeda dalam pemasaran asuransi yang dimiliki. Karena masyarakat Indonesia kini sudah sangat dekat dengan teknologi, dari kedekatan dengan teknologi itulah, JAGADIRI meluncurkan terobosan berbeda dari yang lain.

Entah karena kedekatan dengan teknologi, lingkungan atau apapun itu, akan tetapi sebagian besar masyarakat lebih menginginkan hal yang instan, cepat, murah tapi berkwalitas.

Menjawab tuntutan pasar tersebut, JAGADIRI hadir dengan Instant Protection (perlindungan instan dan langsung) dan Claim Certainty Proccess (jaminan penerimaan klaim), dan Berst Transparent Price (biaya jaminan dan transparan).

[caption id="attachment_382623" align="aligncenter" width="600" caption="Dok. JAGADIRI : Memberikan Perlindungan Instan kepada siapapun"]

143114515451837709
143114515451837709
[/caption]

Untuk siapakah produk itu dihadirkan? Tentunya untuk masyarakat luas, baik dalam usia produkstif maupun tidak, baik sedang membangun karir, juga keluarga muda dan lanjut yang sangat bergantung kepada kepada keluarga yang bertanggung jawab atas kesejahteraan anggota keluarga. Karena itu, produk ini di suguhkan kepada siapapun anda dan dimanapun segmen anda.

Hal yang hanya dimiliki JAGADIRI dan berbeda dengan yang lain adalah, bagaimana nasabah diberi kenyamanan akses perlindungan yang mudah dan cepat, yaitu melalui mobile apps dan website yang dapat di akses oleh siapapun dimana pun. Baik dalam mobile apps dan website JAGADIRI siapapun dapat melihat perkembangan setiap produk yang dimiliki. Inovasi JAGADIRI akan hadir setiap waktunya dalam mobile apps dan website, dari setiap produk yang ada adalah jawaban dari kedinamisan kehidupan masyarakat. Dan JAGADIRI hadir dalam setiap gaya hidup masyarakat dalam berbagai segmen, kemudian memberikan solusi yang terus berkembang dalam setiap waktu.

Dari banyak produk yang dimiliki oleh JAGADIRI, saya akan memberikan sedikit gambaran produk yang ada. Antara lain adalah:

-Kecelakaan (Accidental): produk ini terfokus kepada perlindungan bagi anda yang memiliki mobilitas tinggi dan gemar travelling. Produk ini dibagi menjadi 2 pilihan, yaitu Jaga Aman dan Jaga Aman Instan.

-Jiwa (Life): produk ini memberikan perlindungan untuk masa depan yang lebih baik kepada setiap orang, juga dengan proses klaim yang cepat, sehingga setiap saat jiwa terlindungi dengan Jaga Jiwa.

-Kesehatan (Health): produk ini tentu saja tentang proteksi kesehatan kepada anda. Ada 2 bagian atas produk ini, pertama¸ Jaga Sehat Plus, yang memberikan jaminan uang kembali dengan proses tanpa ribet. Kedua, Jaga Sehat DBD, yang dimana memberikan pelayanan terbaik kepada para penderita DBD, yang ditangani oleh ahli DBD langsung.

-Plus Investasi (Unit Link): produk yang memberikan optimalisasi dimana para nasabah yang berinvestasi memberikan manfaat perlindungan diri secara langsung. Kalau berfikir bahwa dalam hal ini anda dikendalikan, jangan salah, di sini anda lah yang mengendalikan semua atas investasi anda.

[caption id="attachment_382625" align="aligncenter" width="402" caption="Dok. JAGADIRI: Pilihan Produk Yang Bisa di Pilih Sesuai Kebutuhan"]

1431145533506258742
1431145533506258742
[/caption]

Itu garis besar produk yang dimiliki JAGADIRI. Akan tetapi untuk lebih detailnya anda bisa langsung menuju website. Klik ini JAGADIRI.

Banyak berfikir bahwa bila ikut asuransi, kita hanya terus membayar dan tidak mendapatkan keuntungan, lalu apa JAGADIRI sama? Tidak, karena banyak keuntungan apabila kita menjadi nasabah JAGADIRI, antara lain, pengembalian premi yang dibayarkan 50 persen setiap 3 tahun dari total premi yang telah dibayarkan selama preriode tersebut, baik ada klaim maupun tidak. Serukan?!!

Tidak nyata itu, keuntungan lain adalah fitur cashless sebagai metode klaim, di mana pelanggan tidak perlu melakukan reimbursement untuk seluruh biaya yang di tanggung dan tidak perlu membayar DP. Pembayaran langsung dibayarkan oleh rekanan JAGADIRI, cukup dengan menggesek kartu nasabah yang dimiliki.

Masih belum kurang juga, karena JAGADIRI menyediakan layanan evakuasi dalam kondisi darurat . Evakuasi darurat ini dapat melalui darat, udara dan laut. Tergantung bagaimana kebutuhan evakuasi yang ingin nasabah gunakan.

[caption id="attachment_382628" align="aligncenter" width="600" caption="Dok. JAGADIRI: Keuntungan Menjadi Nasabah JAGADIR Nonton Gratis Tiap Bulan Salah Satunya"]

1431146235903869650
1431146235903869650
[/caption]

Hanya itu?! Gak! Masih ada lagi keuntungan para nasabah JAGADIRI, yaitu bagi para nasabah akan mendapatkan kesempatan nonton gratis di Blitzmegaplex setiap bulannya, dan merchant discount diberbagai oulet belanja, olahraga, restoran dan lainnya.

Reginald Hamdani menyatakan “Keunggulan Jaga Aman Instan dapat di lihat dari tiga sisi; pembelian yang bisa di keten dan disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan, harganya yang sangat ringan mulai dari Rp.5.000,- dan kemudahan produknya yang bisa segera aktif hanya dalam hitungan menit”.

Menjadi Nasabah JAGADIRI Mudah Seperti Membuat Akun Media Sosial

Untuk menjadi nasabah JAGADIRI itu sangat mudah, bahkan lebih mudah dari pada membuat akun media sosial yang anda miliki. Dengan mengadaptasi sistem website dan mobile apps, JAGADIRI tampil dengan dinamis dan memberikan kemudahan untuk para calon nasabahnya.

Ga percaya? Nih, saya kasih tahu caranya. Cukup dengan 3 langkah!

Masuk dulu website JAGADIRI kemudian di bagian bawah ada tulisan “Cara mudah membeli produk JAGADIRI via Web atau aplikas”, Klik itu. Dan langsung akan di suguhi 3 langkah mudah membeli produk.

Pertama, pilihlah produk yang dibutuhkan sesuai dengan yang anda inginkan, karena JAGADIRI punya banyak produk unggulan yang sayang untuk dilewatkan. Kalau sudah masuk menentukan pilihan anda. Mari menuju langkah selanjutnya.

Kedua, isi data diri anda dengan baik dan benar, karena ini sangat mempengaruhi jaminan kehidupan kedepan, maka isilah data diri ini dengan benar dan teliti. Mudah bukan?! Eitsss... ada langkah selanjutnya.

Ketiga, bayarlah produk yang dipilih sesuai dengan harga produk. Apabila sudah membayar produk sesuai pilihan, makaaa.... Polis JAGADIRI Aktif..

Sangat mudah bukan?! Oleh karen itu, tunggu apalagi. Ayo JAGADIRI!

Untuk Lengkapnya Silakan di sini

PT. Central Asia Financial (JAGADIRI) Office:
Citicon Tower 8th Floor Unit C
Jl. Letjend S. Parman Kav. 72, Slipi
Jakarta 11410 - Indonesia
Telp : +62 21 29 621 622
Fax : +62 21 29 621 623
Call Center : 1500 660

Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun