Mohon tunggu...
Fauziah Habibilah
Fauziah Habibilah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Pascasarjana MPI 1/E

Mahasiswa dan Guru bahasa Arab

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pendidikan dan Latihan Pendidik dan Tenaga Kependidikan

21 November 2024   16:13 Diperbarui: 21 November 2024   16:15 29
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Pendidikan dan Pelatihan Pendidik dan Tenaga Kependidikan: Sebuah Upaya Pengembangan Profesionalitas

Pendidikan dan pelatihan (diklat) merupakan proses sistematis yang dirancang untuk meningkatkan, mengembangkan, dan membentuk individu, khususnya dalam konteks ini, pendidik dan tenaga kependidikan. Melalui diklat, mereka memperoleh pengetahuan, keterampilan, kemampuan, dan perilaku yang diperlukan untuk mencapai tujuan pribadi dan organisasi. Pendidik dan tenaga kependidikan yang berkualitas, hasil dari diklat yang efektif, menjadi kunci dalam memajukan pendidikan dan pembangunan sumber daya manusia.

Memahami Konsep Pendidikan dan Pelatihan

Seringkali, istilah pendidikan dan pelatihan digunakan secara bergantian, padahal keduanya memiliki perbedaan. Pendidikan lebih berfokus pada tujuan-tujuan individual, sedangkan pelatihan berorientasi pada kebutuhan spesifik dalam organisasi. Pendidikan menekankan pengembangan pengetahuan umum dan sikap, sementara pelatihan bertujuan meningkatkan keterampilan dan kemampuan yang terukur untuk menjalankan tugas tertentu.

Esensi Diklat: Membentuk Pendidik dan Tenaga Kependidikan yang Kompeten

Esensi diklat terletak pada upaya meningkatkan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan. Hal ini dilakukan melalui serangkaian program yang terstruktur, seperti diklat berjenjang, diklat kursus, diklat fungsional, dan diklat operasional. Dengan mengikuti diklat, diharapkan pendidik dan tenaga kependidikan dapat:

  • Meningkatkan kemampuan kerja dan menghadapi tantangan dalam aktivitasnya.
  • Meningkatkan pelayanan masyarakat.
  • Mengembangkan karir dan aktivitas kerja.
  • Memperbaiki perilaku kerja.
  • Mempersiapkan diri untuk menduduki jabatan yang lebih kompleks.

Sasaran, Tujuan, dan Manfaat Diklat

Sasaran diklat adalah pendidik dan tenaga kependidikan yang sudah bekerja dan memiliki potensi untuk dikembangkan. Tujuan diklat dapat dibagi menjadi dua: tujuan pendidikan dan tujuan pelatihan. Tujuan pendidikan mencakup peningkatan pengetahuan umum, penguasaan teori, dan kemampuan memecahkan masalah. Sementara, tujuan pelatihan berfokus pada peningkatan keterampilan praktis, kecakapan, dan sikap yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan organisasi.

Manfaat diklat dirasakan baik oleh individu maupun organisasi. Bagi individu, diklat dapat:

  • Menambah wawasan dan pengetahuan.
  • Meningkatkan keterampilan dan kemampuan.
  • Meningkatkan kemampuan berkomunikasi dan menangani emosi.
  • Mempersiapkan diri untuk promosi jabatan.

Bagi organisasi, diklat dapat:

  • Meningkatkan kemampuan berproduksi.
  • Menyiapkan tenaga kerja yang siap menghadapi perubahan.
  • Meningkatkan kolaborasi dan jejaring kerja.
  • Meningkatkan kualitas dan efektivitas organisasi.

Program Diklat: Menyesuaikan Kebutuhan dan Tantangan

Program diklat dapat dibagi menjadi dua jenis: pelatihan umum dan pelatihan khusus. Pelatihan umum memberikan keterampilan yang dapat diaplikasikan dalam berbagai jenis pekerjaan. Sementara, pelatihan khusus berfokus pada keterampilan dan pengetahuan yang spesifik untuk bidang pekerjaan tertentu.

Penting untuk memilih program diklat yang sesuai dengan kebutuhan dan tantangan organisasi. Hal ini menjamin bahwa diklat dapat memberikan manfaat yang maksimal bagi pendidik dan tenaga kependidikan, serta berkontribusi pada peningkatan kualitas pendidikan dan sumber daya manusia.

Kesimpulan

Pendidikan dan pelatihan pendidik dan tenaga kependidikan merupakan investasi penting untuk membangun sumber daya manusia yang berkualitas. Dengan diklat yang terstruktur dan berfokus pada kebutuhan, diharapkan dapat tercipta pendidik dan tenaga kependidikan yang profesional, kompeten, dan mampu menghadapi tantangan zaman.

Tulisan ini merupakan Materi dari bahan ajar yang diberikan oleh Prof. A. Rusdiana, Mata kuliah Manajemen Sumber Daya Manusia Pendidikan Tentang Pendidikan dan Latihan Pendidik dan Tenaga Kependidikan

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun