Teknologi dapat dioptimalkan dalam kurikulum sekolah untuk meningkatkan pembelajaran
Perubahan kurikulum  Indonesia dilakukan sesuai  perkembangan zaman. Saat ini dunia pendidikan Indonesia sudah beberapa waktu mengalami krisis pembelajaran. Penyebabnya adalah pandemi Covid-19. Mengingat situasi pendidikan akibat pandemi yang telah mengubah proses belajar mengajar secara signifikan, maka diperlukan perubahan untuk meningkatkan kualitas guru  sekolah dalam pelaksanaan perubahan pendidikan. Karena melihat keadaan pendidikan khususnya pada pendidikan dasar, banyak anak yang belum memahami secara utuh apa yang diajarkan gurunya. Guru lebih banyak berkomunikasi dengan orang tua siswa dibandingkan dengan siswa itu sendiri, karena pembelajaran tidak boleh dilakukan secara tatap muka, melainkan online. Â
Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mencapai pembelajaran khususnya di masa pandemi adalah dengan menerapkan kurikulum mandiri. Dimana kurikulum mandiri ini dilaksanakan jauh lebih sederhana, komprehensif dan fleksibel, sehingga peserta didik dapat beradaptasi dengan sistem yang diterapkan dan materinya tidak memberatkan.Â
Sekolah dapat mengembangkan kurikulum. Guru memberikan materi pembelajaran sesuai dengan perkembangan siswa, setelah itu siswa dapat memilih pelajaran sesuai dengan kemampuan dan minatnya. Pembelajaran yang diterapkan pada kurikulum mandiri ini jauh lebih bermakna dan interaktif. Siswa dapat berkreasi dalam mengikuti pembelajaran, dan kesempatan berkegiatan serta penelitian lebih luas bagi siswa. Â
Penerapan kurikulum mandiri didukung oleh berbagai sumber sehingga pembelajaran dapat terlaksana secara efektif. Dalam menerapkan kurikulum mandiri, guru harus mengikuti perkembangan yang ada. Yakni dengan menerapkan teknologi sebagai alat pembelajaran yang dapat dimanfaatkan.  Dengan menggunakan teknologi, guru dapat menciptakan media pembelajaran yang jauh lebih interaktif untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Beberapa media yang dapat digunakan guru dalam kegiatan mengajarnya adalah; powerpoint interaktif, video edukasi, kuis atau game online dari berbagai sumber, dll.  Dengan menggunakan lingkungan pembelajaran berbasis teknologi, siswa menjadi lebih tertarik pada materi pembelajaran karena media yang digunakan tidak hanya buku. Dengan cara ini materi pembelajaran  lebih mudah  diserap dan dipahami. Karena metode pembelajaran yang digunakan dengan teknologi lebih fleksibel dan praktis. Selain itu guru dan siswa memudahkan pelaksanaan kegiatan pembelajaran dan dapat bekerja lebih mudah, cepat dan efisien. Â
Itulah sebabnya teknologi memegang peranan penting dalam dunia pendidikan, khususnya di sekolah dasar (SD). Sebab anak  usia sekolah dasar masih membutuhkan media pembelajaran yang menjelaskan penelitian secara jelas. Pemanfaatan lingkungan pembelajaran  berbasis teknologi dapat meningkatkan kemampuan dan minat belajar siswa. Misalnya guru dapat memanfaatkan teknologi berupa proyektor  untuk menampilkan media pendidikan di kelas atau media penyampaian materi kepada siswa agar siswa tidak bosan saat melakukan kegiatan pembelajaran.Â
 Jenis dan fungsi perangkat lunak Â
Seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi. Segala kebutuhan yang muncul dalam kehidupan kita sehari-hari dapat terpenuhi secara praktis dan  tidak rumit berkat hadirnya media  sosial dan internet yang memudahkan dalam mencari dan membeli sesuatu. Aplikasi  media sosial telah menjadi platform dimana masyarakat dapat berbagi informasi dan berinteraksi satu sama lain di dunia maya.  Komputer adalah mesin yang memproses fakta dan informasi menjadi  informasi. Perangkat komputasi digunakan untuk meningkatkan kinerja dan menyelesaikan berbagai masalah, perangkat komputasi menjadi perangkat pengolah data atau pemecah masalah, termasuk perangkat lunak. Perangkat lunak ini dapat dibagi menjadi :Â
1. Perangkat lunak pengoperasian adalah perangkat lunak yang  mengkonfigurasi komputer untuk menerima berbagai perintah dasar yang diberikan sebagai masukan. Perangkat lunak sistem juga merupakan kumpulan program yang ditulis untuk melayani program lain.
2. Aplikasi perkantoran digunakan untuk melakukan tugas-tugas perkantoran seperti mengetik, membuat spreadsheet, membuat database sederhana, atau memanipulasi gambar sederhana. Selain itu, aplikasi database merupakan aplikasi yang digunakan untuk mengolah data baik  kecil maupun besar dan dapat digunakan  dalam jaringan yang berdiri sendiri atau lokal atau sistem online.
3. Pemrograman perangkat lunak, perangkat lunak  yang digunakan untuk menerjemahkan perintah dari bahasa pemrograman ke dalam kode bahasa mesin dengan metode tertentu, sehingga komputer dapat menerima dan membacanya, biasanya digunakan untuk merancang, menulis, menguji, mengembangkan perangkat lunak.