Mohon tunggu...
Fauzandy Husna
Fauzandy Husna Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Teknik Kimia Universitas Diponegoro

KKN Undip Tim II 2020/2021 Universitas Diponegoro

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

KKN UNDIP TIM 1 2021/2022: Sosialisasi Strategi Marketing Produk yang Diminati dan Digemari Masyarakat Era Digitalisasi

10 Februari 2022   20:54 Diperbarui: 10 Februari 2022   21:15 353
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

SEMARANG (08/02/2022), Mahasiswa KKN TIM I Universitas Diponegoro melaksanakan kegiatan sosialisasi sebagai program sosialisasi strategi marketing produk Kepada Ibu-ibu pengusaha rumahan/UMKM Kelurahan Kaliwiru, Kecamatan Candisari, Kota Semarang.

Perkembangan teknologi di era globalisasi dan digitalisasi memudahkan akses mendapatkan informasi dan barang dari mana saja. Peningkatan kreativitas semakin bertambah, salah satunya dengan mencoba keterampilan berniaga atau jual-beli. Era modern ini memudahkan semua barang dari dalam maupun luar negeri mudah didapatkan.

Kesempatan ini harus dimanfaatkan sebaik mungkin, namun berniaga saat ini khususnya era new normal memerlukan strategi khusus mulai dari perancangan ide, perkiraan sederhana penjualan dan marketing dalam berniaga. Meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mengenai strategi berniaga kekinian di era new normal sangatlah penting. Sosialisasi dan pemberian insight contoh/kategori produk yang dapat dijual dengan potensi besar terjual. Meningkatkan kreativitas, produktivitas dan keuntungan bagi masyarakat setempat, harapannya juga dapat menambah ide serta pemasukan di era new normal.

Kelurahan Kaliwiru memungkinkan menjadi target dari marketing produk dengan sentra UMKM yang memadai. Maka, Mahasiswa KKN Universitas Diponegoro Tim I 2021/2022 dengan bimbingan Bapak Ir. RTD Wisnu Broto M.T. yang berlokasi di Kelurahan Kaliwiru melaksanakan sosialisasi mengenai Sosialisasi Marketing produk yang diminati dan digemari masyarakat di era digitalisasi. Program ini juga telah disetujui oleh Bapak Budiyanto, S.E. selaku Kepala Kelurahan Kaliwiru dan Ibu-ibu pengusaha rumahan/UMKM.

Pelaksanaan sosialisasi ini dilaksanakan secara presentasi sederhana yang dilaksanakan di salah satu rumah ibu pengurus PKK dan UMKM Kelurahan Kaliwiru, yaitu Ibu Dian. Mahasiswa yang terlibat dalam program ini langsung menyampaikan materi yang telah didapat dengan masyarakat. Bapak Budiyono selaku Kepala Kelurahan sangat mendukung dengan adanya program diskusi ini dengan ibu Dian bersama mahasiswa KKN. Diskusi berlanjut antara Ibu Dian dengan ibu-ibu warga Kaliwiru lainnya membahas fererensi strategi marketing melalui foto produk yang menarik dan memikat.

Tampilan Buku Saku kreasi mie sehat dan katalog produk Program Kerja SDGs  (Dokpri)
Tampilan Buku Saku kreasi mie sehat dan katalog produk Program Kerja SDGs  (Dokpri)
Penyerahan Buku saku kepada warga Kaliwiru  (Dokpri)
Penyerahan Buku saku kepada warga Kaliwiru  (Dokpri)

Maka dari itu, diharapkan dengan adanya program ini, masyarakat dapat bersama-sama mendukung dan memajukan usaha rumahan serta UMKM yang ada di kelurahan Kaliwiru agar produknya dapat dikenal masyarakat luas.

Penulis: Jesica Rahmaningrum, Mahasiswa Teknik Kimia, KKN Universitas Diponegoro Tim I 2021/2022 Kelurahan Kaliwiru, Kota Semarang. 

Dosen Pembimbing Lapangan: Ir. RTD. Wisnu Broto M.T.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun