Mohon tunggu...
Fatma
Fatma Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa/i Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur

Saya menyukai sebuah perjalanan yang memiliki pemandangan indah

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Peninggalan Sejarah Kutai Goa Gunung Kombeng

1 Januari 2024   14:37 Diperbarui: 1 Januari 2024   14:45 454
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
 sumber: ansorrahmathidayat.blogspot.com

selain kekayaan sumber daya alam yang ada di kalimantan timur, adapun keindahan alam yang disediakannya, salah satunya yaitu berupa goa gunung kombeng yang terletak di desa kombeng, kecamatan muara wahau, kabupaten kutai timur, provinsi kalimantan timur. Dulunya goa ini pernah digunakan sebagai tempat pemujaan raja mulawarman dari kerajaan kutai. disamping itu di dalam goa ini terdapat sejumlah formasi batuan stalagtit dan stalagmit  yang cukup indah, hal ini terjadi karena saat air mengalir turun melalui tanah dan masuk kedalam gua, ia akan melarutkan mineral yang disebut kalsit dan membawanya melalui rekahan di langit langit gua. tidak hanya itu  sejumlah arca batu ditemukan diantara fragmen struktur batu dalam goa gunung kombeng. penelitian ini membahas karakteristik arca arca batu dan struktur batu dalam goa gunung kombeng untuk memahami kronologi dan eksistensinya dalam gua. gua merupakan petunjuk permukiman kuno yang jauh dari aliran daerah sungai mahakam, bagian depan gua terdapat aliran sungai kecil dengan lebar sekitar 3-4 meter dan kedalaman hanya mencapai 1 meter. 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun