Mohon tunggu...
fatma ariyanti
fatma ariyanti Mohon Tunggu... Buruh - Citizen

Point of view orang ke-3

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Artikel Utama

Bagaimana Musik Mempengaruhi Otak Manusia

3 Februari 2022   12:27 Diperbarui: 4 Februari 2022   14:07 1113
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi manfaat mendengarkan musik (Sumber: shutterstock)

Lagu dan musik mungkin menjadi salah satu euforia bagi manusia di sepanjang abad. Mempengaruhi manusia secara afektif, menggerakkan emosional seseorang melalui lagu dengan melodi dan lirik yang menyentuh.

Tidak hanya itu, lagu bahkan mampu menyebarkan rumor, entah fakta atau hoax namun terbukti efektif mempengaruhi orang banyak. Contohnya saja lagu Tinggal Kenangan milik Geby, lagu itu disebut lagu hantu di daerah saya dahulu. 

Entah bagaimana asal-usulnya  tiba-tiba membuatnya jadi populer. Katanya siapapun yang mendengarkan lagu itu akan dihampiri oleh arwahnya Geby, yang konon sudah meninggal karena bunuh diri. Kemudian ada melodi Fur Elise yang diciptakan oleh Ludwig van Beethoven. 

Kira-kira rumor apa yang populer di daerah Anda ketika melodi ini diputar? Horor bukan? 

Gara-gara itu, kita ketika mendengarnya malah teringat pada rumor-rumor yang tersebar luas, bukan esensi dari melodi itu sendiri, sangat disayangkan. 

Padahal dalam bahasa Inggris, Fur Elise memiliki arti untuk Elise, yang kemungkinan besar lagu ini adalah lagu romantis yang dikhususkan untuk orang spesial. Kita bahkan bisa merasakan betapa tajamnya melodi ini di ingatan kita. Namun itulah kekuatan lagu, apa yang terbawa di dalamnya, itulah yang kita ingat. 

Lagu Geby adalah lagu horor. Maka seterusnya akan jadi lagu horor. Coba Anda cari di google, apa makna melodi Fur Elise, untuk siapa itu dibuat dan siapa itu Elise, jika mendapat pengertian mungkin Anda akan memiliki insight yang berbeda setelah mendengarkannya lagi.

Jujur saja saya tidak hanya mendengarkan lagu lokal. Lagu-lagu favorit saya, yang tidak bosan bahkan kalau seratus kali saya putar sehari, di antaranya adalah Back to December milik Taylor Swift, Pied Piper milik BTS, Aki no Shita de milik Aqua Timez, Heartache milik One Ok Rock dan yang paling saya sukai adalah Menunggumu milik Peterpan. 

Saya cenderung tidak terlalu mengikuti lagu trend atau lagu populer, tapi lebih ke lagu-lagu milik penyanyi dan band favorit saya. Misalnya lagu tren di Tik Tok, saya tidak tahu menahu, toh saya tidak punya app-nya hehe. 

Dan dari semua lagu yang saya sebutkan tadi, tidak hanya menyukai lagu-lagunya saja, saya juga menyukai penyanyinya. Jadi jika penyanyi tersebut merilis lagu, kemungkinan besar saya ingin mendengarkannya segera, entah lagunya akan jadi tren atau tidak.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun