Fatkhul Khoiru Rosyid
Mahasiswa PPG Bagi Calon Guru Pendidikan Matematika Gelombang 2 UNISSULA Semarang
Mata Kuliah : Pembelajaran Berdiferensiasi
Dosen Pengampu : Nila Ubaidah
Pada saat ini dalam dunia Pendidikan pembelajaran aktif dan menyenangkan merupakan suatu proses pendekatan pembelajaran yang menjadikan peserta didik menjadi lebih aktif  dan menjadi pusat kegiatan belajar. Dalam pembelajaran aktif ini peserta didik tidak hanya menerima informasi dari guru yang menjadikan dirinya menjadi pusat informasi tetapi peserta didik juga terlibat aktif dalam pembelajaran.
Apakah Pembelajaran berdiferensiasi itu ?Â
Pembelajaran berdiferensiasi adalah suatu pendekatan pembelajaran yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan individu setiap peserta didik. Dalam pembelajaran ini, guru tidak hanya menyajikan materi dengan satu cara yang sama untuk semua peserta didik, tetapi juga memberikan berbagai pilihan cara belajar yang disesuaikan dengan gaya belajar, minat, dan tingkat kemampuan peserta didik.Â
Apa hubungan antara pembelajaran aktif dan menyenangkan dengan pembelajaran berdiferensiasi ?
Pembelajaran berdiferensiasi dengan pembelajaran aktif dan menyenangkan saling terkait untuk mendukung peserta didik saling terkait erat dalam suatu proses pembelajaran. Hubungan antara pembelajaran aktif dan menyenangkan dengan pembelajaran berdiferensiasi yaitu :
- Peserta didik dapat memilih mau menggunakan gaya belajar apa ketika pembelajaran itu dimulai hal tersebut dapat meningkatkan keaktifan peserta didik dan menjadikan peserta didik lenih termotivasi untuk belajar.
- Memiliki tingkat partisipasi peserta didik yang tinggi karena dengan melibatkan peserta didik secara aktif dan guru dpaat lebih mudah untuk mengetahui kemampuan dari masing-masing peserta didik
- Dengan suasana belajar yang lebih menyenangkan dan mendorong peserta didik untuk aktif pada saat pembelajaran dengan cara ikut berpartisipasi aktif dalam diskusi dan kegiatan kelompok atau dalam suatu proyek dalam pembelajaran.
Jadi dapat di simpulkan bahwa belajar aktif dan menyenangkan dalam pembelajaran berdiferensiasi itu saling melengkapi satu sama lain. Dengan menggabungkan antara pembelajaran aktif dan menyenangkan dalam pembelajaran berdiferensiasi ini guru dapat menciptakan lingkungan belajar yang inklusif, efektif dan menyenangkan bagi semua peserta didik.