Mohon tunggu...
FATIMAH
FATIMAH Mohon Tunggu... Guru - Guru Kelas 6

Hobi Membaca dan bernyanyi

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Demonstrasi Kontekstual Modul 3.2 Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya

23 Agustus 2024   23:38 Diperbarui: 24 Agustus 2024   00:12 63
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Salam Guru Penggerak, tergerak, bergerak, menggerakkan...

Pada Tulisan kali ini tibalah kita pada Demonstrasi Kontekstual Modul 3.2 Pemimpin Dalam Pengelolaan Sumber Daya. Tugas kali ini adalah diminta melakukan kegiatan analisis video tentang visi dan prakarsa perubahan, mengidentifikasi kegiatan berdasarkan alur BAGJA, mengidentifikasi peran pemimpin pembelajaran dan menganalisis modal utama yang dapat dimanfaatkan.

Video praktik baik yang dianalisis pada link berikut. https://www.youtube.com/watch?v=YMflitCt1yI

Sebelum menganalisis video tersebut, perlu kiranya kita ketahui Tujuan Pembelajaran Khusus pada Demonstrasi Kontekstual. 

Tujuan Pembelajaran Khusus:

  • CGP dapat menganalisis tentang visi dan prakarsa perubahan dari tayangan video praktik baik yang ada.
  • CGP dapat mengidentifikasi kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan masing-masing tahapan B - A - G - J - A dari tayangan video yang ada.
  • CGP dapat mengidentifikasi peran pemimpin pembelajaran dari tayangan video.
  • CGP dapat menganalisis modal utama apa saja yang dimanfaatkan contoh video praktik baik ini.

Kira-kira apakah visi dari sekolah tempat guru dalam video tersebut mengabdi?

Setelah menonton dan menganalisis video praktik baik yang ditayangkan, maka menurut saya Visi dari sekolah tersebut adalah "Terwujudnya Peserta didik Yang Berkarakter, Kolaboratif, Kreatif, Mandiri, dan Inovatif.

Apakah prakarsa perubahan yang akan dilakukan oleh guru dalam tayangan video?

Dan Prakarsa Perubahannya adalah "Bagaimana cara mewujudkan kelas yang nyaman dan menyenangkan untuk belajar, sehingga menjadi penyemangat dalam belajar di lingkungan kelas/sekolah?

Apakah Pertanyaan Utama dari kegiatan yang dilakukan oleh guru dalam tayangan video tersebut?

Sebagaimana yang sudah kita ketahui bersama bahwa dalam prakarsa perubahan menggunakan alur B-A-G-J-A, dimana B nya adalah akronim dari Buat Pertanyaan, dan menurut analisis saya terhadap video praktik baik tersebut adalah "Bagaimana cara mewujudkan kelas yang nyaman  dan menyenangkan untuk meningkatkan semangat belajar peserta didik?" Dan pertanyaan Utama dari kegiatan Yang dilakukan guru dalam tayangan video tersebut selaras dengan pertanyaan di atas, yaitu "Bagaimana caranya mewujudkan kelas yang nyaman dan menyenangkan sehingga dapat meningkatkan semangat belajar peserta didik?"

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun