Menjadi seorang pendidik atau guru tidaklah mudah, terutama bagi pengajar TK, selain mengajar seorang guru Tk juga harus mampu membuat media untuk peserta didiknya supaya tertarik dan senang untuk belajar. Sebagai seorang pendidik tidak hanya membuat bagaimana, anak memahami materi yang mudah di tangkap oleh anak namun juga membuat media untuk anak supaya anak semangat dalam pembelajarannya. Anak mempunyai keterampilan yang mana keterampilan itu harus di perhatikan. Oleh karena itu sabagai orangtua maka harus mengetahui anak-anak mereka, pandai dalam bidang apa hal itu harus dikembangkan untuk lebih lanjut.
Tingkat kreatifitas anak dapat dilihat sejak mereka usia 1 tahun, gerak-gerik mereka lebih identik menunjuk pada hal apa, maka sebagai orangtua harus mampu mengembangkan kreativitas anak supaya anak kedepannya memiliki kreativitas yang bisa di pakai sampai mereka tua. Dalam dunia pengajaran seorang pendidik harus mampu mengembangkan kreativitas anak oleh sebab itu sebagai seorang pendidik harus mempunyai karakteristik sebagai berikut:
1.     Kreatif dan menyukai tantangan
Syarat pertama seorang guru yang dapat mengembangkan kreativitas anak adalah guru adalah guru tersebut juga merupakan individu yang kreatif. Tanpa sifat ini sulit sekali seorang guru dapat memahami keunikan karya dan kreativitas anak, selain itu juga ia menyukai tantangan dan hal baru sehingga ia tidak akan terpaku pada rutinitas atau mengendalikan program yang ada namun ia akan senantiasa mengembangkan, memperbarui dan memperkaya aktivitas belajarnya dari waktu ke waktu. Jadi dapat disimpulkan bahwa seorang pendidik itu sangat diperlukan mempunyai kreatifitas yang tinggi dan mengetahui tentang kreativitas anak supaya mereka tahu seberapa tingkatan kreativitas anak tersebut.
2.     Menghargai karya anak
Karakteristik seorang guru yang mengembangkan kreativitas anak mereka harus memiliki sifat yang sangat menghargai karya anak apapun bentuknya. Menghargai anak sangatlah prisipil sifatnya. Tanpa sikap ini mustahil anak akan mengekspresikan dirinya secara bebas dan mandiri dalam menyelesaikan tugas-tugasnya.
Penghargaan ini dapat berupa pujian, ataupun pengakuan seorang guru bahwa anak tersebut telah membuat karya dengan baik yang membanggakan dirinya. Tetapi hal yang perlu diingat bahwa penghargaan ini harus menjadi motivasi bagi anak untuk terus mengekspresikan diri dan berkembang dengan lebih optimaha. Dalam hal ini dapat disimpulkan bahwa sebagai seorang pendidik itu harus mempunyai sifat yang sangat menghargai seorang anak, apapun yang dilakukan.
3.     Menerima anak apa adanya
Setiap anak empunya karakteristik sendiri-sendiri ada yang unik dan ada yang khas, mereka berbeda satu sama lain. Seorang guru dituntut agar dapat memahami keunikan tiap anak dan menerimanya dengan baik serta menghindari sikap diskriminatif.
 Penerimaan terhadap anak, erat kaitannya dengan rasa aman. Jika anak merasa diabaikan dan tidak diterima oleh gurunya maka anak akan kehilangan rasa amannya ketika berdekatan dengan gurunya. Tanpa rasa aman, seorang anak tidak dapat belajar dengan baik.
4.     Motivator