Mohon tunggu...
Fatimah Zahra
Fatimah Zahra Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

halo

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Pengalaman Masuk SMAN 16 Bekasi

30 Juli 2018   16:54 Diperbarui: 30 Juli 2018   17:33 187
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Perkenalan dulu...

Assalamualaikum wr.wb

Nama saya Fatimah Zahra dari MtsN 2 Kota Bekasi. Sebelum saya duduk manis di SMAN 16 saya mengalami banyak rintangan. Dimulai dari masih menjadi siswi di MtsN yang terus dikejar belajar. Semester 2 kelas 9 mulai belajar lebih keras untuk UN,dari mulai PM,tugas dan sebagainya. Harus ngisi buku UN yang tebelnya bener-bener. Saya berusaha untuk ngisi semua walaupun malas dan otak saya pas-pasan,hasilnya bukunya ga semua keisi.

Sebelum UN saya harus ikut simulasi UN,terus belajar sampai simulasi 2. Saya dan temen-temen saya ngejalanin dengan berusaha keras tapi saya harus semangat buat orangtua saya. Buat mereka bangga kalo anaknya dapet nem tinggi dan bisa masuk sekolah negri. Mesti ngejar tugas yang belum tuntas biar ijazah bisa turun. Beli ini,beli itu,tapi akhirnya tugas selesai. Ijazah ga tau bakal turun apa engga,hafalan belum tuntas.

Pas hari H UN saya deg-degan padahal saya dapet sesi 2, takut soalnya susah dan sebagainya. Takut komputernya tiba-tiba error karna saya. Saya UN sudah pakai computer, jadi harus login dulu, masukin password, isi token baru soal. Bahasa Indonesia soalnya lumayan susah padahal saya sendiri orang Indonesia. Saya setiap soal langsung jawab makanya cepet selesai. Jawaban ragu-ragu saya sedikit, kalo udah selesai saya diem dulu nunggu yang lain sambil memeriksa jawaban saya yang lain. saya ngerasa saya paling cepet selesai tapi gak tau nilai saya bakal bagus apa engga. Pas temen saya ada yang selesai 2-3 orang saya masih duduk ditempat. Saya keluar terakhir sekalian nunggu temen saya yang lain. Pas dikelas sisa 5 orang saya langsung logout terus keluar, dikelas ngobrol sama yang lain. Nanya gimana tadi, susah ga soalnya,berapa yang ragu-ragu. Saya puas-puasin cerita sambil ngobrol sampe dijemput.

Sampai dirumah saya lanjut belajar malamnya. Saya orangnya kalo belajar sambil dengerin musik, pelajarannya ga tau masuk apa engga. Hari kedua IPA, pelajaran yang sedikit saya ga suka, saya ngerjainnya sambil bismila jawabnya. Saya ga ngerti padahal udah belajar, saya orangnya gampang lupa. Apa aja mau pelajaran ataupun orang lain. Apalagi muka orang yang baru ketemu, saya udah lupa beberapa menit kemudian pas udah pisah atau ga ketemu sama dia. Saya sendiri juga ga tau kenapa. Omongan juga kalo orang ngomong apa pas udah pulang saya lupa dia ngomong apa.

Hari ketiga matematika, kalo matematika saya masih suka. Tapi kalo disuruh ngerjain soal saya ga bisa. Matematika itu sebenernya gampang kalo serius mau belajar. Saya ngerjainnya pake bismilah setiap soal, saya hitung kali,tambah,bagi tapi hasilnya ga ada. Saya ganti soal terus saya ceklis ragu-ragu. Ada beberapa yang jawabannya ada, pas udah selesai saya keluar agak terakhir. Rasanya campur aduk, seneng sama takut. Seneng karna udah selesai takut kalo nilainya jelek. Saya keluar dan ngobrol sama temen saya sampe dijemput. Jajan es, beli makan sampe semuanya pulang dan anak sesi 3 dateng.

Pas hari terakhir rasanya lega karna udah selesai UN. Bahasa inggris lumayan susah hampir semua soal deskripsi yang mengharuskan saya membaca pake bahasa inggris. Saya masih bisa bahasa inggris karna saya suka pelajarannya tapi kalo jawabannya belum yakin benar apa engga.

Soalnya ada yang susah ada yang gampang, tapi gampang juga kalo jawabannya ga tau saya kasih ragu-ragu. Hari terakhir UN kelas udah ga tegang, semuanya santai sambil sesekali ketawa. Bahasa inggris selesai lebih cepat dari sebelumnya. Dan seperti biasa saya ga langsung pulang, main karna udah bebas UN walaupun  dagdigdug nungguin nem. Habis UN masih masuk tapi udah ga KBM,yang belum ngelengkapin tugas harus ngelengkapin kaya saya.

Saya selalu berdoa semoga nem saya diatas 20. Saya takut nem saya anjlok karna saya ga belajar. Selama nunggu nem saya dagdigdug,saya mau masuk SMA Negri. Kata orangtua saya kalo nem saya tinggi boleh masuk SMA Negri,tapi kalo nem saya kecil saya harus masuk Madrasah Aliyah. Saya ga mau masuk MAN karna pasti ketemu agama lagi,hafalan dan sebagainya. Saya udah kenyang selama belajar di Mts belajar agama. Saya mau coba yang baru,ke pelajaran yang umunya banyak tapi bukan agama. Kalo saya masuk SMA saya mau masuk jurusan IPA karna anak IPA itu pasti popular dan jurusan IPA itu idaman. Kalo nem saya kecil saya pasrah masuk sekolah swasta kaya SMK. Saya mau ambil jurusan Akutansi tapi matematika saya jelek. Mau masuk administasi perkantoran ketemu hitung-hitungan.

Sebelum nem keluar saya wisuda atau perpisahan nginep di Vila daerah puncak. Lumayan seneng karna bisa menghabiskan waktu bareng temen-temen. Saya ga pernah ngerasa sedekat ini berteman disekolah. Biasanya kalo udah pisah pada sombong dan dapet temen baru. Tapi temen-temen saya engga. Katanya temen SMA itu lebih menyenangkan. Dan masa-masa SMA itu paling indah, tapi saya belum menjadi anak SMA.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun