Sania Hidayati Kaesti Iffah Zakiyah
Pada umumnya kami melihat perkembangan bahasa pada anak usia dini dilihat dari usia anak. Setiap anak yang lahir di dunia, sangat rentan dengan berbagai masalah. Masalah yang dihadapi anak, terutama anak usia dini, biasanya berkaitan dengan gangguan pada proses perkembangannya. Bila gangguan pada proses perkembangannya. Bila gangguan / problem tidak segera diatasi maka akan berlanjut pada fase perkembangan berikutnya yaitu fase. Perkembangan anak sekolah pada gilirannya gangguan tersebut perkembangan yang optimal. Dengan demikian menurut kami sebagai pendidik anak usia dini untuk memahami permasalahan permasalahan tersebut serta mampu memberikan upaya bantuan yang tepat. Jenis-jenis permasalahan anak. Menurut kami masalah yang terjadi di RA Az Zahra Jombor, RA Temanggung dan TKIT Magelang, masalah yang dihadapi anak dapat di golongkan menjadi 3: masalah-masalah yang berkaitan dengan keadaan fisik, psikis, sosial.
1.Fisik
Perkembangan Aspek Fisik terkait dengan keutuhan dan kemampuan fungsi panca indera anak, kemampuan melakukan gerakan-gerakan sesuai perkembangan sesuai dengan tingkat usia. Serta kemampuan mengontrol pembuangan. Permasalahan-permasalahan / problematika fisik tersebut adalah sebagai berikut :
a.Gangguan fungsi panca indera
b.Cacat tubuh
c.Kegemukan ( obesitas )
d.Gangguan gerak peniruan
e.Kidal
f.Gangguan kesehatan ( penyakit )
g.Hiperaktif
h.Neoropati
i.Ngompol ( enuresis )
j.Buang air besar di sembarang tepat ( encopresis )
k.Gagap
l.Gangguan perkembangan bahasa
2.Psikis
Beberapa permasalahan / problematika psikis sering kali di alami anak
a.Gangguan konsentrasi
b.Intelegensi
c.Berbohong
d.Emosi ( perasaan takut, cemas, marah )
3.Sosial
Perkembangan sosial anak berhubungan dengan kemampuan anak dalam berinteraksi dengan teman sebaya, orang dewasa, lingkungan pergaulan yang lebih luas.
a.Tingkah laku agresif
b.Pemalu
c.Anak manja
d.Perilaku berkuasa
e.Perilaku perusak
Faktor penyebab permasalahan anak. Terdapat beberapa faktor penyebab pada intrinsik ( berasal dari anak sendiri ) maupun ekstrinsik ( berasal dari luar diri anak ). Secara umumm, faktor-faktor tersebut adalah :
1.Pembawaan yakni anak dengan semua keadaan yang ada pada dirinya.
2.Lingkungan keluarga, mencakup pola asuh orang tua, keadaan sosial, ekonomi keluarga.
3.Lingkungan sekolah meliputi cara mengajar guru, proses belajar mengajar, alat bantu, kurikulum.
4.Masyarakat mencakup pergaulan, norma, adat istiadat.
Setiap permasalahan tentu memiliki solusi. Demikian pula permasalahan yang dihadapi anak, merupakan suatu cara bagi orang tua dan guru untuk belajar memberikan solusi yang terbaik bagi proses tumbuh kembang anak-anak mereka. (PGRA/IV/UTS/IAIN SALATIGA)
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H