Mohon tunggu...
Fatihah Ashari
Fatihah Ashari Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Saya berasal dari Prodi Ilmu Komunikasi dan hobi saya adalah membaca

Selanjutnya

Tutup

Diary

Pengalaman Berharga Diajar oleh Pak Ikhsan Ahmad, Dosen Tegas dan Penuh Humor

4 Juni 2024   17:00 Diperbarui: 4 Juni 2024   17:03 36
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Diary. Sumber ilustrasi: PEXELS/Markus Winkler

Sebagai seorang mahasiswa yang mengikuti mata kuliah Penulisan Berita dan Penulisan Kreatif yang diajarkan oleh Pak Ikhsan Ahmad, saya merasa mendapatkan banyak pengalaman dan pembelajaran yang berharga. Mata kuliah ini tidak hanya meningkatkan keterampilan saya dalam menulis berita dan opini tetapi memberikan pengalaman baru yang tidak pernah saya lakukan sebelumnnya.

Pak Ikhsan Ahmad adalah seorang dosen yang sangat berpengalaman, sejauh yang saya tau beliau adalah orang yang pintar dalam merangkai kata untuk setiap bait tulisan-tulisannya. Saya salut dengan tulisan-tulisan beliau dan juga Pak Ikhsan adalah orang yang menyenangkan dan tegas dalam waktu yang bersamaan. Beliau interaktif, mendorong partisipasi aktif dari setiap mahasiswa, baik melalui pertanyaan, diskusi maupun tugas-tugas dan Pak Ikhsan setiap mengajar selalu berinteraksi langsung dengan mahasiswanya. Hal ini membuat suasana kelas menjadi dramatis namun menyenangkan. Pembelajaran lebih sedikit teori dan lebih banyak tugas praktek. Metode ini sangat efektif dalam membuat materi yang diajarkan lebih mudah dipahami dan diingat.

Setiap teori yang diajarkan selalu disertai dengan contoh-contoh nyata. Misalnya, ketika membahas tentang teknik penulisan berita, Pak Ikhsan mendatangkan langsung jurnalis Media Banten untuk mengajarkan kami secara langsung tentang teknik-teknik pembuatan berita dan opini. Serta, Pak Ikhsan juga sering mengajak kami untuk menganalisis berita-berita dari berbagai media. Begitu juga dengan penulisan berita dan opini, kami diberi tugas untuk meliput berita dan membuat opini yang dikerjakan berkelompok dengan tema yang telah ditentukan oleh Pak Ikhsan. Lalu, berita dan opini yang kami kerjakan di publikasikan di Media Banten. Tugas ini sangat membantu saya dalam memahami bagaimana teori-teori yang dipelajari dapat di terapkan dalam situasi nyata.

Selama diajar oleh Pak Ikhsan dimata kuliah ini, saya  sering dihadapkan pada berbagai tantangan terbesar adalah tugas menulis berita dan opini dengan tenggat waktu yang ketat dan rutin setiap minggu, yang tersulit adalah harus mencari beritanya sesuai dengan tema yang diberikan sedangkan tidak semua berita yang dapat di liput ada setiap minggunya, mirip dengan kondisi kerja seorang jurnalis. Meskipun tugas ini cukup merepotkan, saya merasa sangat terlatih untuk bekerja dibawah tekanan walau sering kali saya mengeluh dengan tugas-tugas yang diberikan beliau. Selain itu, tugas-tugas menulis opini yang diberikan sangat membuat saya harus berpikir untuk merangkai kata-kata dan mengasah kemampuan menulis saya.

Setiap tantangan tugas yang diberikan oleh Pak Ikhsan dirancang untuk membuat kami tumbuh dan berkembang sebagai penulis. Misalnya, salah satu tugas kami yaitu diminta untuk membuat podcast dengan membicarakan berita yang telah kami pilih sesuai tema yang diberikan, tugas ini berbeda dari yang biasa kami lakukan. Tugas ini memaksa kami keluar dari zona nyaman kami dan mencoba tantangan baru yang tentunya sangat bermanfaat dalam mengembangkan keterampilan kami dalam menulis, berbicara dan berpikir kritis. Pak Ikhsan juga selalu memberikan kami tugas kelompok yang melibatkan kerja sama tim, yang membantu kami belajar bekerja sama dan berbagi ide dengan teman-teman sekelompok.

Pak Ikhsan Ahmad, saya ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas segala bimbingan dan pengajaran yang telah anda berikan selama ini. Melalui mata kuliah ini, saya jadi mencoba hal-hal baru yang sebelumnya tidak terpikirkan oleh saya untuk melakukannya. Anda selalu memberikan pengajaran yang tegas namun tetap membumbuinya dengan candaan dan lawakan yang buat kami semua tertawa entah itu karena memang beneran lucu atau sebenarnya tidak lucu tapi kami tetap tertawa. Pak Ikhsan termasuk salah satu dosen yang saya hormati dan yang saya favoritkan walau terkadang tetep mengeluh dengan tugas yang diberikan namun saya tetap mengerjakannya dengan tuntas.


Secara keseluruhan, pembelajaran mata kuliah Penulisan Berita dan Penulisan Kreatif bersama Pak Ikhsan Ahmad telah memberikan banyak manfaat dan pengalaman yang baru yang sebelumnya belum pernah saya rasakan. Dari metode pengajaran yang interaktif, praktek, pengalaman baru, tugas-tugas baru, semua aspek ini telah membuat saya mempunyai banyak cerita pengalaman yang seru-seru. Saya sangat menghargai setiap momen dan tugas yang saya habiskan di kelas ini dan berharap dapat menerapkan semua pengetahuan dan keterampilan yang telah saya peroleh dalam karir saya di masa depan. Dengan bimbingan anda, kami semua bisa menjadi penulis yang lebih baik dan lebih professional lagi seperti anda yang telah memiliki banyak tulisan-tulisan menginspirasi. Terima kasih, Pak Ikhsan, atas semua materi dan prakter yang anda berikn kepada kami. Kami sangat beruntung memiliki anda sebagai dosen mata kuliah Penulisan Berita dan Penulisan Kreatif.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun