Semua mesin membutuhkan penggantian oli agar dapat berjalan dengan baik dan efisien. Fungsi oli mineral dan oli sintetis adalah melumasi, membersihkan, dan mendinginkan bagian-bagian mesin. Sementara beberapa mesin hanya dapat menggunakan satu jenis oli tertentu, mesin mobil yang membutuhkan penggantian oli dapat mengambil manfaat dari salah satu dari itu; meskipun pelumas sintetis telah menjadi lebih umum di mesin berkinerja tinggi saat ini. Minyak bumi dipompa dari bumi, dan disuling untuk digunakan sebagai pelumas mesin.
Variasi oli  sintetis dibuat di laboratorium dengan senyawa minyak bumi yang dimodifikasi secara kimia. Ini secara kimia dan mekanis lebih unggul dari minyak bumi karena dapat menahan suhu tinggi tanpa terbakar. Mesin mobil dapat mencapai suhu hingga 600 derajat, yang dapat menyebabkan oli menguap; suhu titik nyala adalah suhu di mana pelumas akan mulai menguap. Minyak sintetis dapat tahan terhadap suhu yang lebih tinggi, sedangkan minyak bumi hanya dapat mentolerir suhu hingga sekitar 400 derajat. Selain itu, jika ada pembakaran, minyak sintetis membakar lebih bersih, dan tidak meninggalkan timbunan abu.
Viskositas mengacu pada ketebalan keseluruhan pelumas dan merupakan indikator seberapa baik akan melapisi bagian-bagian mesin di bawah suhu yang sangat dingin atau panas. Pelumas minyak bumi mengandung kotoran lilin yang mengkristal dan menyebabkan minyak mengalir lebih mudah dalam kondisi dingin. Oli mobil berbahan sintetis dibuat khusus untuk menahan suhu dingin dan panas yang ekstrem.
Karakteristik viskositas minyak bervariasi dengan perubahan suhu, dan baik sintetis maupun minyak bumi diidentifikasi dengan sejumlah angka untuk menunjukkan perubahan suhu variabel yang masing-masing dapat bertahan. Pelumas tingkat tunggal memiliki satu set angka, yang hanya mengacu pada suhu terendah yang dapat ditahaninya.
Pelumas berlabel 5W akan mengalir lebih baik pada suhu yang lebih rendah daripada yang berlabel 10W. Set angka kedua menunjukkan seberapa baik minyak akan mengalir pada suhu yang lebih tinggi; ini disebut minyak multi-grade karena mereka dapat mengalir dengan baik di kedua jenis suhu ekstrem. Aditif polimer ditambahkan ke minyak sintetis, yang memungkinkan mereka untuk menangani berbagai perbedaan suhu ini. Aditif titik depresan ditambahkan ke minyak bumi untuk mencegah kotoran lilin terbentuk, sehingga pelumas dapat menangani suhu yang lebih rendah. Pabrikan kendaraan akan menentukan jenis oli yang dibutuhkan untuk setiap mesin. Mesin berkinerja tinggi di lingkungan dingin akan membutuhkan oli sintetis rangkap ketika saatnya tiba untuk ganti oli motor terbaik.
Oli mobil terbaik adalah elemen penting dari mesin karena menjaga bagian-bagiannya terlumasi. Memindahkan bagian logam yang saling bergesekan tanpa pelumasan dapat menghasilkan panas dan pembakaran berlebih yang dapat merusak mesin. Menggunakan minyak yang salah dapat membuat bagian-bagian ini rentan terhadap oksidasi dan keausan prematur. Teliti pedoman produsen kendaraan, dan perhatikan kondisi cuaca saat mengoperasikan kendaraan Anda.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H