Mohon tunggu...
Fathurrahman Jamal
Fathurrahman Jamal Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

still learning

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Cerpen dan Macamnya

25 Juni 2023   21:26 Diperbarui: 25 Juni 2023   21:56 68
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Produksi tulisan pendek merujuk pada proses menciptakan karya tulis yang relatif singkat dalam hal panjangnya. Tulisan pendek umumnya memiliki batasan jumlah kata atau karakter tertentu, yang bervariasi tergantung pada tujuan, platform, atau genre yang diinginkan. Tujuan utama tulisan pendek adalah menyampaikan pesan, gagasan, cerita, atau emosi dengan cara yang padat dan efektif.

Berikut ini beberapa macam tulisan pendek yang umumnya ditemui:

1. Cerpen (Cerita Pendek): Cerpen adalah karya sastra naratif pendek yang berfokus pada pengembangan karakter, plot, dan konflik dalam jumlah kata terbatas. Cerpen sering kali memiliki struktur yang jelas, dengan pengenalan, perkembangan cerita, klimaks, dan resolusi.

2. Esai Singkat: Esai singkat adalah karya tulis yang menjelajahi topik tertentu dengan pendekatan yang lebih ringkas dibandingkan esai panjang. Esai singkat dapat berupa analisis, refleksi pribadi, pendapat penulis, atau eksplorasi ide dalam jumlah kata terbatas.

3. Puisi: Puisi adalah bentuk karya sastra yang menggunakan bahasa kiasan, ritme, dan imajinasi secara intensif. Puisi biasanya terdiri dari beberapa baris atau bait yang mengungkapkan perasaan, pengamatan, atau pemikiran dengan gaya yang padat dan tersusun.

Setiap jenis tulisan pendek memiliki ciri khasnya sendiri dan memerlukan keahlian dalam mengemas pesan dengan singkat dan efektif.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun