Pernahkah kamu mendengar kata Sistem Penunjang Keputusan atau SPK? SPK adalah bagian dari sistem informasi yang berbasis komputer termasuk dalam sistem berbasis pengetahuan manajemen pengetahuan yang digunakan sebagai penunjang dan pendukung dalam pengambilan keputusan pada suatu organisasi atau juga perusahaan.
Hal ini sangat membantu jalannya operasional suatu institusi, terutama mempermudah pekerjaan di mana banyak keputusan strategis bergantung pada seorang manajer.
Berikut ini tujuan Sistem Penunjang Keputusan (SPK), yaitu sebagai berikut :
1). Membantu manajer dalam pengambilan keputusan untuk menemukan solusi atas permasalahan yang bersifat semi terstruktur.
2). Mendukung manajer dalam mengambil keputusan, tetapi tidak mengambil peranan sebagai pengganti peran manajer dalam pengambilan keputusan.
Â
3). Meningkatkan efektifitas atas keputusan yang diambil oleh manager bukan dari aspek efisiensi.
Proses Pengambilan Keputusan.
Pengambilan keputusan merupakan proses pemilihan alternatif tindakan untuk mencapai tujuan atau sasaran tertentu. Pengambilan keputusan dilakukan dengan pendekatan sistematis terhadap permasalahan melalui proses pengumpulan data menjadi informasi serta ditambah dengan faktor-faktor yang perlu dipertimbangkan dalam pengambilan keputusan.
Adapun Proses pengambilan keputusan terdiri dari 4 tahapan, yaitu :
1. Tahap Pemahaman (Inteligence Phace)
Tahap ini merupakan proses penelusuran dan pendeteksian dari lingkup problematika serta proses pengenalan masalah.
2. Tahap Perancangan (Design Phace)