Membahas strategi marketing sebenarnya tidak akan ada habisnya. Semakin berkembangnya teknologi, strategi marketing juga akan ikut berkembang. Hal ini dipengaruhi oleh kebutuhan dan daya tarik konsumen pada zamannya. Akan tetapi, ada 5 strategi yang sangat penting dalam berbisnis dan dapat disesuaikan dengan perkembangan zaman.
1. AwarenessÂ
Pada tahapan ini, kamu harus memperkenalkan diri kepada customer, buatlah customer lebih mengenal tentang brandmu, misalnya dengan menggunakan Instagram ads, kamu dapat menjangkau 100 ribu orang, tetapi kamu tahu mereka tidak akan membeli produkmu. Awareness ini hanya digunakan untuk memperkenalkan brandmu kepada orang lain. Dalam melakukan perkenalan brand, kamu harus bisa memposisikan diri sebagai customer, buatlah ads yang dapat menarik perhatian customer dengan desain yang menarik dan menonjolkan keunggulan dari produk yang kamu tawarkan.
2. Consideration
Pada tahap ini, customer sudah mulai tertarik dan berpikir untuk membeli produkmu atau tidak, cocok atau tidak. Setelah melihat ads yang kamu buat, mereka mulai tertarik untuk melihat Instagram page kamu atau membuka websitemu untuk melihat produk apa saja yang ditawarkan lebih jelas. Pada tahapan ini, kamu dapat memberi tahu customer apa manfaat yang dapat kamu berikan agar sesuai dengan pain point customer.
3. Conversion
Pada tahap ini, customer memutuskan untuk membeli produk yang kamu tawarkan. Misalnya, setelah melihat ads dan membaca baca tentang produkmu lebih jelas, customer memutuskan untuk memasukkan produkmu ke keranjang. Untuk mendorong mereka agar lebih yakin membeli produk yang sekedar mereka masukkan ke keranjang, kamu dapat memberikan diskon atau dengan mengarahkan mereka ke customer service dengan menggunakan WhatsApp. Melalui customer service, kamu bisa lebih tau apa yang sebenarnya mereka butuhkan dan apa hal yang membuat mereka ragu untuk membeli produk yang kamu tawarkan.
4. Loyalty
Setelah customer membeli produk yang kamu tawarkan, kamu tentunya ingin mereka melakukan repeat order. Â Hal ini dapat dilakukan dengan reach out kembali customer melalui ads yang berbeda atau kamu dapat mengirim email kepada mereka. Dalam tahapan ini, kamu harus membangun hubungan yang baik dengan customer, buat mereka selalu ingat tentang brandmu, jangan sampai setelah membeli, brandmu dilupakan begitu saja.Â
5. Advocacy
Melalui advocacy, bisnis kamu bisa naik dengan gratis dan kencang. Pada tahapan terakhir ini, customer sendiri yang akan merekomendasikan produkmu kepada teman-temannya. Hal yang bisa kamu lakukan adalah dengan memberikan pelayanan yang bagus dan produk yang bermanfaat, sehingga customer akan merekomendasikan produkmu tanpa kamu suruh. Namun, strategi ini tidak selalu dapat berhasil. Selain itu, kamu juga dapat menggunakan strategi referral atau member get member.