Banyak sekali yang masih bertanya-tanya pentingkah penilaian portofolio diberikan kepada siswa SD? Berikut penjelasannya.
Pengertian Portofolio
Secara bahasa, portofolio berasal dari dua kata, yakni port (singkatan dari report) yang berarti laporan dan folio yang berarti penuh atau lengkap. Jadi, portofolio berarti laporan lengkap segala aktivitas seseorang yang dilakukannya.
Adapun pengertian lainnya, portofolio adalah kumpulan hasil karya seorang siswa, sebagai hasil pelaksanaan tugas kinerja, yang ditentukan oleh guru atau oleh siswa bersama guru, sebagai bagian dari usaha mencapai tujuan belajar, atau mencapai kompetensi yang ditentukan dalam kurikulum.
Fungsi dan Tujuan Portofolio
Portofolio tidak hanya sebagai tempat penyimpanan hasil kerja siswa atau hasil belajar siswa. Namun, portofolio bisa menjadi sumber informasi bagi guru dan siswa. Portofolio berfungsi untuk mengetahui sejauh mana perkembangan kompetensi belajar siswa. Portofolio menjadi tindak lanjut bagi siswa dalam melakukan suatu pekerjaan, sehingga guru dan siswa mempunyai kesempatan untuk mengembangkan kemampuan yang dimilikinya.
Contoh-Contoh Portofolio Untuk Siswa
Adapun contoh-contoh portofolio yang bisa diberikan kepada siswa, yakni :
- Puisi
- Teks karangan
- Membuat gambar/tulisan
- Membuat peta/denah
- Membuat laporan observasi
- Membuat laporan eksperimen
- Membuat naskah pidato/puisi
- Membuat naskah drama
- Membuat kartu ucapan
- Membuat surat, dsb.
Penilaian portofolio sangat efektif dalam mengevaluasi keterampilan proses pembelajarn siswa. Portofolio siswa mencerminkan kemampuan siswa dalam merencanakan dan melaksanakan eksperimen, mengumpulkan dan menganalisis data, serta mereka dapat membuat kesimpulan sesuai data yang ditemuinya. Penilaian portofolio memberikan kesempatan bagi siswa untuk menunjukkan keterampilan yang dimiliki.
Penelian portofolio juga dapat mendorong siswa dalam berpikir secara kritis. Dalam penilaian portofolio, siswa dapat mempertimbangkan berbagai aspek, menghubungkan sebuah konsep-konsep, menilai bukti-bukti, serta mengemukakan argumen yang mendukung. Hasil dari beberapa penelitian menunjukkan bahwa siswa yang terlibat dalam penilaian portofolio akan mengalami peningkatan dalam kemampuan berpikir kritis, termasuk dalam menganalisis informasi mengidentifikasi pola, dan membuat penilaian berdasarkan bukti yang nyata. Maka dari itu, sangat penting siswa SD dikenalkan pada penilaian portofolio dengan dimulai melalui karya-karya sederhana.