Mohon tunggu...
Fathia Azzahra Rosyidin
Fathia Azzahra Rosyidin Mohon Tunggu... Lainnya - freshman student at universitas katolik parahyangan

-

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Narasi Geladi Hominisasi

28 Oktober 2022   18:36 Diperbarui: 28 Oktober 2022   18:46 56
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Semasa mengikuti geladi saya mencermati apa yang disampai dosen dosen tentang bagaimana menggunakan logika berbahasa sebagai warga negara, memberika tugas untuk menonton lagu kebangsaan Indonesia Raya dalam versi dahulu yang lebih lengkap membuat saya tau bagaiamana perjuangan para pahlawan berdasarkan lirik yang ditulis dan makna dari lirik tersebut. Selain tugas mendengarkan lagu Indonesia Raya juga tugas geladi lainnya membuat saya tahu bahwa kebudayaan Indonesia sangat beragam dan masih banyak masyarakat yang masih melestarikan budaya tersebut dan tidak melupakannya di era modern sekarang. 

Pengalaman saya selama mengikuti geladi membuat saya belajar tentang bagaimana caranya untuk berbicara didepan umum atau didepan banyak orang, berkenalan dengan orang baru dan membangun kerja sama. Pengalaman tersebut bisa saya tuangkan ke dalam kehidupan sehari hari saya menjadikan pengalaman ini bekal untuk saya ke depannya.

 Perlunya memerlukan logika dan berbahasa sebagai warga negara karena dalam melakukan sesuatu kita membutuhkan logika untuk merangkai tutur kata yang baik dalam berbahasa sebagai warga negara, tidak semena -- mena berbicara tanpa dipikirkan atau disusun terlebih dahulu. 

Manfaat dalam mengikuti geladi membuat saya mengerti bagaimana caranya agar saya  bisa lebih cepat tanggap tentang menyusun suatu perkerjaan secara mandiri atau berkelompok siapapun orangnya baik yang baru dikenal atau sudah kenal dari lama. Memberikan banyak cara atau pengetahuan tentang bagaimana berbicara didepan umum atau berpresentasi yang baik dan benar seperti apa, cara menyampaikan  materi bahkan penulisan dari materi tersebut. 

Berkat geladi ini saya akan lebih mudah menjalani kehidupan kuliah dan menjalankan tugas tugas saya, saya akan menerapkan apa yang sudah disampaikan dalam geladi ini dalam tugas saya seperti contohnya presentasi dari cara berbicara, menyusun apa saja yang akan dibicarakan dengan bahasa yang baik dan benar yang digunakan dalam berpresentasi, dan metode seperti apa yang akan diambil. Cara meningkatkan kemampuan berfikir dalam berbahasa sebagai warga negara dengan adanya pendidikan berbahasa seperti yang dipelajari dalam geladi ini, meningkat pendidikan berbahasa sejak tingkat sekolah dasar serta edukasi edukasi yang diberikan selama saya menempuh pendidikan.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun