Regulasi diri dalam belajar merupakan aspek krusial dalam pendidikan umum yang melibatkan empat dimensi utama, yaitu regulasi kognitif, regulasi motivasi, regulasi perilaku, dan regulasi Dalam konteks siswa, kemampuan untuk mengatur strategi metakognitif, motivasi, dan perilaku mereka saat memainkan peran penting dalam mencapai hasil belajar yang optimal. Penelitian juga menyoroti pentingnya regulasi konteks agar tujuan pembelajaran dapat tercapai efektif. Selain itu, studi terbaru menekankan hubungan antara regulasi diri dalam belajar dan orientasi tujuan pada mahasiswa di era pandemi, dengan metode penelitian kuantitatif korelasional yang melibatkan partisipan dari Fakultas Humaniora Universitas X. Temuan ini memberikan wawasan yang berharga tentang bagaimana kemampuan regulasi diri berperan dalam mencapai tujuan pembelajaran mahasiswa.
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI