System informasi manajemen dewasa ini sudah menjadi bagian penting bagi perusahaa ataupun organisasi. kenapa tidak begitu, misalnya peranan system informasi bagi pemimpin adalah untuk mengambil keputusan, bila keputusan yang di ambil pemimpin atau manajer salah, maka hal itu akan menyangkut masa depan perusahaan sendiri.
Adapun peranan dan fungsi system informasi bagi perusahaan di antaranya:
1. Membantu dan meningkatkan oprasional perusahaan
Bagi seseoarang yang mempunyai kesibukan selain pekerjaan perusahaan dan mungkin seseorang punya kendala untuk datang keperusaan, Seseorang itu dapat menghemat waktu pekerjaan, membuat laporan dari jarak jauh, menjadikan media promosi dan berinteraksi. Ketika tanggapan/respon yang cepat menjadi penting, maka kemampuan sistem informasi untuk dapat mengumpulkan dan mengintegrasikan informasi ke berbagai fungsi bisnis menjadi sangat penting.
Investasi di dalam teknologi sistem informasi dapat menolong operasi perusahaan menjadi lebih efisien sehingga perusahaan dapat menjalankan strategi keunggulan biaya. Mulai dari akuntansi hingga penelusuran order pelanggan, sistem informasi menyediakan dukungan bagi manajemen dalam operasi bisnis sehari-hari.
Sistem informasi memproses data, memproses transaksi bisnis, mengontrol proses industrial, dan mendukung komunikasi serta produktivitas kantor secara efisien.
2. Membantu pengambilan keputusan
Seperti yang sudah tadi singgung bahwa system infomasi memambantu manajer perusan mengambil keputusan untu masa depan perusahaan itu sendiri. karena sistem informasi manajemen menyediakan informasi bagi manajemen perusahaan dimana sistem informasi tersebut dilakukan.
3. Membantu untuk keuntungan strategis
Sistem informasi dapat memainkan peran yang besar dalam mendukung tujuan strategis dari sebuah perusahaan. Sebuah perusahaan dapat bertahan dan sukses dalam waktu lama jika perusahaan itu sukses membangun strategi untuk melawan kekuatan persaingan yang berupa, persaingan dari para pesaing yang berada di industri yang sama, ancaman dari perusahaan baru, ancaman dari produk pengganti, kekuatan tawar-menawar dari konsumen, dan kekuatan tawar-menawar dari pemasok. Kelima faktor tersebut merupakan hal-hal yang harus diperhatikan dalam membangun upaya peamsaran yang mengarah kepada competitive advantage strategies.
Banyak usaha yang menggunakan informasi berbasis komputer terhadap konsumen. Kadang kala mereka membantu merancang kampanye pemasaran untun menjual produk barunya. Dengan membuat situs website dan mendaftarkan kejaringan internet, sebuah perusahaan dapat mempromosikan usahanya, memberikan informasi, sarana komunikasi sehingga bisa bertransaksi dengan konsumen tanpa harus bertatap muka.