Mohon tunggu...
Farel Bayone
Farel Bayone Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Halo saya Farel, seorang mahasiswa Teknologi Informasi yang memiliki minat besar dalam dunia sastra dan perfilman. Di sela-sela kesibukan kuliah dan tugas-tugas, saya sering menghabiskan waktu dengan membaca novel dan menonton film. Keduanya bukan hanya hobi, tetapi juga cara bagi saya untuk mengeksplorasi imajinasi dan mendapatkan inspirasi.

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Mahasiswa KKN ITB Ahmad Dahlan Jakarta Mengembangkan Kreativitas dan Pengetahuan Dasar Bagi Anak-anak Panti Asuhan Mizan Amanah

3 Desember 2024   21:33 Diperbarui: 5 Desember 2024   12:12 107
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sabtu (24/11/24) Dokumentasi Foto Bersama

Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan suatu kegiatan akademik yang dilaksanakan mahasiswa sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat di suatu wilayah tertentu. Melalui program ini, mahasiswa diterjunkan langsung ke tengah-tengah masyarakat untuk mengaplikasikan ilmu pengetahuan yang telah dipelajari di perguruan tinggi dengan memberikan solusi praktis terhadap permasalahan yang dihadapi oleh komunitas setempat. Kegiatan KKN bertujuan mengembangkan kemampuan mahasiswa dalam berinteraksi, bersosialisasi, dan memberdayakan masyarakat melalui program-program yang inovatif dan berkelanjutan.

Salah satu komponen kunci dalam pelaksanaan KKN adalah Program Kerja (Proker) yang dirancang secara sistematis dan terencana. Proker KKN disusun berdasarkan analisis mendalam terhadap kebutuhan masyarakat setempat, potensi wilayah, dan kompetensi mahasiswa peserta KKN. Setiap program kerja harus memiliki tujuan yang jelas, target yang terukur, dan dampak positif yang berkelanjutan bagi masyarakat, yang dapat dikategorikan ke dalam beberapa kelompok utama seperti proker fisik (pembangunan infrastruktur), proker non-fisik (pendidikan, pelatihan, dan pemberdayaan), serta proker lintas sektoral yang melibatkan berbagai pemangku kepentingan. 

Oleh karna itu kelompok 25 KKN ITB Ahmad Dahlan Jakarta dengan menggunakan metode Pelaksanaan Program pemberdayaan sosial dan edukasi di Panti Asuhan Mizan Amanah dilaksanakan selama 8 (delapan) kali secara intensif, dengan fokus pada pengembangan karakter, kreativitas, dan pengetahuan anak-anak. Kegiatan dirancang dengan pendekatan yang menyenangkan dan interaktif agar anak-anak dapat belajar sambil bermain. Metode Pembelajaran Program ini mengutamakan pendekatan pembelajaran yang student-centered, di mana anak-anak menjadi subjek aktif dalam proses belajar. Melalui berbagai kegiatan yang menarik dan relevan, seperti permainan edukatif, prakarya, dan diskusi kelompok, anak-anak diajak untuk mengeksplorasi berbagai konsep secara mandiri. Selain itu, penggunaan media pembelajaran yang variatif, seperti gambar, video, dan alat peraga, juga membantu mempermudah pemahaman anak-anak terhadap materi yang disampaikan. Program kegiatan yang kami lakukan yaitu:

1. Prakarya Clay

Sabtu (19/10/24) Dokumentasi Kegiatan Prakarya clay
Sabtu (19/10/24) Dokumentasi Kegiatan Prakarya clay

Workshop prakarya clay di Panti Asuhan Mizan Amanah, yang diselenggarakan oleh mahasiswa KKN ITB Ahmad Dahlan Jakarta, merupakan kegiatan kreatif yang bertujuan mengembangkan imajinasi dan keterampilan seni anak-anak panti. Dalam kegiatan ini, anak-anak akan diperkenalkan pada teknik dasar pembentukan clay, mulai dari cara mengaduk warna, membentuk objek sederhana, hingga teknik detail yang menarik. Mahasiswa KKN memberikan pendampingan individual untuk memastikan setiap anak dapat mengekspresikan kreativitasnya melalui karya seni clay yang unik, seperti membuat gantungan kunci, miniatur buah, atau figur kartun kesukaan mereka. Proses pembuatan clay tidak hanya melatih kesabaran dan ketelitian, tetapi juga memberikan ruang bagi anak-anak untuk mengembangkan imajinasi dan kepercayaan diri melalui karya seni mereka sendiri. Setiap tahap kegiatan dirancang dengan metode bermain sambil belajar, sehingga anak-anak merasa senang dan antusias dalam mengikuti workshop. Hasil karya clay yang dibuat oleh anak-anak panti nantinya akan dipajang di ruang komunal panti sebagai bentuk apresiasi dan motivasi untuk terus berkarya.

2. Prakarya Membuat Gelang dari Manik-manik

Sabtu (02/11/24) Dokumentasi kegiatan membuat gelang dari manik-manik
Sabtu (02/11/24) Dokumentasi kegiatan membuat gelang dari manik-manik
Workshop prakarya pembuatan gelang manik-manik di Panti Asuhan Mizan Amanah merupakan salah satu program kerja kreatif yang dilaksanakan oleh mahasiswa KKN ITB Ahmad Dahlan Jakarta. Kegiatan ini bertujuan mengembangkan keterampilan motorik halus dan kreativitas bagi anak-anak yang ada di panti asuhan tersebut. Para mahasiswa terlebih dahulu mempersiapkan berbagai bahan seperti manik-manik berwarna-warni, benang elastis, gunting, dan alat bantu lainnya untuk memudahkan proses pembuatan gelang. Selama workshop, anak-anak panti diajarkan teknik dasar merangkai manik-manik, memilih kombinasi warna yang menarik, dan mengembangkan imajinasi mereka dalam menciptakan desain gelang yang unik. Setiap anak dibimbing secara personal oleh mahasiswa KKN untuk memastikan mereka dapat menyelesaikan gelang dengan baik dan menghasilkan karya yang membanggakan. Melalui kegiatan ini, diharapkan anak-anak panti tidak hanya mendapatkan keterampilan baru, tetapi juga meningkatkan rasa percaya diri dan kreativitas mereka. 

3. Sosialisasi Kewirausahaan

Sabtu (02/11/24) Dokumentasi kegiatan Sosialisasi Kewirausahaan
Sabtu (02/11/24) Dokumentasi kegiatan Sosialisasi Kewirausahaan
 Sosialisasi kewirausahaan di Panti Asuhan Mizan Amanah oleh mahasiswa KKN ITB Ahmad Dahlan Jakarta dirancang sebagai upaya membangkitkan semangat wirausaha sejak dini pada anak-anak usia sekolah dasar. Kegiatan ini mencakup pengenalan konsep sederhana kewirausahaan melalui metode interaktif dan menarik, yang disesuaikan dengan tingkat pemahaman anak-anak panti. Para mahasiswa menggunakan pendekatan praktis dengan mendemonstrasikan contoh-contoh usaha kecil yang mudah dilakukan anak-anak, seperti membuat kerajinan tangan yang dapat dijual atau mengemas produk sederhana. Melalui simulasi mini bisnis, anak-anak diajak untuk memahami konsep dasar produksi, pemasaran, dan pembagian keuntungan dengan cara yang menyenangkan dan mudah dicerna. Setiap tahapan kegiatan dirancang untuk menumbuhkan rasa percaya diri, kreativitas, dan kemampuan berpikir ekonomis pada anak-anak panti asuhan. Dengan demikian, sosialisasi kewirausahaan ini tidak sekadar memberikan pengetahuan teoritis, melainkan juga membangun fondasi mental kewirausahaan yang kokoh bagi mereka sejak usia dini.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun