Mohon tunggu...
Fariz Luqman Hakim
Fariz Luqman Hakim Mohon Tunggu... Lainnya - Pelajar/Mahasiswa

Sukses

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Analisis Sistem REA pada E-commerce J&T Express

8 Desember 2023   20:59 Diperbarui: 8 Desember 2023   21:20 275
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

J&T Express adalah perusahaan logistik yang menyediakan layanan pengiriman paket untuk bisnis e-commerce. Mereka menawarkan layanan e-fulfilment warehousing untuk berbagai jenis pengecer online dan offline. J&T Express juga telah bekerja sama dengan berbagai platform e-commerce seperti SHEIN, TikTok, Temu, Shopee, dan Ali Express. Mereka beroperasi di 86 negara dan wilayah di seluruh dunia dan memiliki pengalaman yang kaya dalam berkolaborasi dengan platform e-commerce.

Dan di tahun 2017 J&T Express perusahaan ekspedisi mengembangkan bisnisnya di Indonesia. Salah satunya dengan menambah investasi dengan nilai kurang lebih 100 juta dollar AS atau Rp 1,3 triliun (Kurs Rp 13.000). Dengan adanya tambahan investasi tersebut, nilai valuasi J&T Express senilai 543 juta dollar AS atau Rp 6,9 triliun.   Chief Executive Officer J&T Express, Jet Lee mengatakan, pendanaan tersebut difokuskan untuk meningkatkan kepuasaan pelanggan dengan mengoptimalkan jangkauan jaringan.

Proses pemesanan barang hingga diterimanya oleh pembeli secara online melalui layanan J&T Express dapat dijelaskan sebagai berikut:

1. Penyerahan Paket: Tahap pertama adalah penyerahan paket dari pengirim ke pihak J&T Express. Paket yang sudah disiapkan kemudian diantarkan ke Drop Point J&T Express, yang dikelola secara sentralisasi untuk memastikan jam operasional yang seragam di seluruh Indonesia.

2. Layanan Jemput Paket: J&T Express menyediakan layanan jemput paket untuk konsumennya, yang berlaku untuk semua jenis paket tanpa batasan berat atau jumlah. Layanan ini dapat diakses melalui aplikasi J&T Express atau dengan menelepon Drop Point terdekat.

3. Pengiriman Paket: Setelah paket dikirimkan, pengirim dapat melacak status pengiriman paket menggunakan nomor resi yang diberikan. J&T Express juga memberikan dukungan layanan yang beragam sehingga pengguna dapat memilih layanan yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

4. Penerimaan Paket: Pembeli akan menerima paket sesuai dengan alamat yang telah diinformasikan. J&T Express menjamin pengiriman tepat waktu dan memberikan layanan klaim yang baik kepada pelanggan.

Berdasarkan proses pemesanan barang hingga diterimanya oleh pembeli secara online melalui layanan J&T Express, dapat diidentifikasi REA sebagai berikut:

- Resource: Barang yang dipesan oleh pembeli, seperti pakaian, elektronik, atau makanan.

- Event: Proses pemesanan, pengiriman, dan penerimaan barang oleh pembeli.

- Agent: Pengirim, penerima, dan kurir yang terlibat dalam proses pengiriman barang.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun