Perceptual Mapping menurut Gower, John et al., 2010:1 merupakan sebuah teknik mapping atas persepsi yang dimiliki oleh konsumen. Perceptual maps are often used in marketing to visually study relations two or more attributes. Hal ini sering digunakan oleh perusahaan mengetahui posisi aktual dan tujuan positioning dari suatu produk, atribut, atau bahkan merek. Agar mereka daoat bereaksi terhadap perubahan kondisi pasar.
APA ITU POSSITIONING MAPPING?
Possitioning mapping yaitu memiliki yang serupa dengan perceptual mapping , possitioning mapping adalah sebuah cara atau strategi yang digunakan penelituii pasar untuk mengetahui actual position dan ositioning goals dari suatu produk, atribut, atau merek.
Perusahaan perlu menerapkan hal ini agar dapat mengetahui apakah persepsi konsumen mengenai manfaat-manfaat yang dinerikan perusahaan sudah tersampaikan dengan baik atau belum. Dengan adanya Perceptual Mapping ini perusahaan dapat melihat gambaran mengenai posisi produk atau perusahaannya dengan pesaing-pesaing.
Adapun contoh dari Perceptual Mapping yang saya ambil adalah BRAND SEPATU INTERNASIONAL.
Example
Diatas terdapat sebuah contoh perceptual map yang berdasarkan survey kepada konsumen atas presepsi mereka terhadap produk brand Fashion yang terkenal seperti brand ADIDAS, NIKE, PUMA.Â
Seperti yang kalian lihat, konsumen memiliki presepsi bahwa Brand NIKE cenderung lebih berkualitas dan pantas saja haganya sangat mahal, brand ADIDAS berkualitas tinggi dan harga yang sangat terjangkau, brand NIKE yaitu kualitas yang tidak sebanding dengan harga yang ditawarkan yaitu, harga yang sangat fantastis dan memiliki kualitas yang kurang "itu pendapat yang di dapatkan oleh media".
Adapun pesaing-pesaing brand yang sangat banyak yaitu seperti brand PUMA, DIODORA, ORTUSEIGHT, MIZUNO DAN LOTTO. Brand terkenal itu adalah pesaing-pesaing dari brand NIKE. Adapun pesaing dari Brand NIKE yaitu, seperti SPESC, ORTUSEIGHT & LOTTO.Â
Begitupun pesaing dari brand ADIDAS yaitu seperti Brand NIKE & PUMA. Â Dan adapun brand-brand tiruan yang sering kita jumpai di pasar pasar yang memiliki harga murah dan kualitas yang sangat kurang, yaitu seperti SPECS, ORTUSEIGHT dan lain-lain.