Mohon tunggu...
FARIDA WINARNI
FARIDA WINARNI Mohon Tunggu... Guru - Guru TK

saya berprofesi sebagai Guru TK di TK Aisyiyah Ngadirejo Kecamatan Ngadirejo Kabupaten Temanggung

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Pengembangan Kemampuan Motorik Anak Melalui Kegiatan Bermain Balok di Kelompok B TK Aisyiyah Ngadirejo

1 Juni 2023   16:44 Diperbarui: 1 Juni 2023   16:49 152
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

PENELITIAN TINDAKAN KELAS  ( P T K )

PENGEMBANGAN KEMAMPUAN  MOTORIK  ANAK  MELALUI  KEGIATAN BERMAIN BALOK  DI KELOMPOK  B  TK AISYIYAH  

                                                         ABSTRAK

                                                     

Penulis : Farida winarni, S.Pd

Penelitian tindakan kelas dalam pengembangan motorik anak bertujuan untuk  meningkatkan kemampuan motorik anak melalui kegiatan bermain balok kelompok B  Taman Kanak-kanak Aisyiyah Ngadirejo. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang di laksanakan dalam dua siklus pembelajaran dan setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi.  Subyek penelitian anak kelompok B Taman Kanak-kanak Aisyiyah Ngadirejo yang berjumlah 12 anak. Data yang di gunakan untuk mengetahui peningkatan kemampuan motorik anak maupun proses pembelajaran dikumpulkan melalui observasi dan catatan lapangan. Data di analisis tekhnik perbandingan yaitu membandingkan antara hasil yang dicapai oleh anak dengan indikator kinerja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bermain balok dapat meningkatkan kemampuan motorik anak kelompok B Taman Kanak-kanak Aisyiyah Ngadirejo yaitu rata-rata presentasi hasil kegiatan anak pada kondisi awal hanya 61%, pada siklus I hasil kegiatan anak 71% dan pada  Siklus I hasil kegiatan meningkat lagi menjadi 90 %.

I. Pendahuluan

         Anak usia dini merupakan masa keemasan bagi usianya, dimana pada masa lima tahun pertamanya adalah masa pesatnya perkembangan otak juga perkembangan motoriknya.  perkembangan fisik memiliki peran yang penting bagi kehidupan anak, baik langsung maupun tidak langsung. Perkembangan fisik berjalan seiring dengan  perkembangan motorik.  perkembangan motorik berarti perkembangan jasmaniah.  Sebelum seorang  pendidik  atau guru Taman Kanak-kanak melaksanakan program kegiatan belajarnya maka terlebih dahulu perlu memperhatikan tujuan program kegiatan belajar anak TK.

          Kompetensi dasar motorik anak TK yang di  harapkan dapat dikembangkan oleh guru saat anak memasuki lembaga pendidikan pra sekolah/TK adalah anak mampu melakukan aktivitas fisik secara terkoordinasindalam rangka kelenturan, dan persiapan menulis, keseimbangan, kelincahan, dan melatih keberanian juga dapat mengekspresikan diri dan berkreasi dengan berbagai gagasan dan imajinasi. Untuk mengembangkannya guru perlu menggunakan berbagai metode pembelajaran yang menjamin anak tidak cedera. Oleh karena itu guru perlu menciptakan lingkungan belajar yang aman dan menantang, bahan dan alat yang di pergunakan dalam keadaan baik, serta tidak menimbulkan rasa takut dan cemas dalam menggunakannya.  Selain itu dalam pemilihan metode untuk mengembangkan ketrampilan anak, guru perlu menyesuaikan dengan karakteristik anak TK yang selalu bergerak, susah untuk diam, mempunyai rasa ingin tahu yang tinggi, mampu mengekspresikan diri secara kreatif, mempunyai imajinasi dan senang bicara.  Berdasarkan karakteristik anak TK tersebut maka penulis melakukan observasi/pengamatan di TK Aisyiyah Ngadirejo pada tanggal 23 Agustus 2022 Pada kegiatan bermain balok, anak –anak terlihat antusias dan menyenangkan saat memainkannya. Peran guru dalam pengembangan bermain balok bagi anak adalalah membangun motivasi dan rasa keingin- tahuan anak secara alami tentang membangun dengan balok. Pembelajaran yang di selenggarakan TK Aisyiyah Ngadirejo melatar belakangi penelitian tindakan kelas guna meningkatkan kemampuan motorik  melalui kegiatan bermain balok.

II. Metode Penelitian

     A. Setting Penelitian

          1. Tempat Penelitian

               Penelitian ini di laksanakan di Kelompok B Taman Kanak Aisyiyah Ngadirejo.

           2. Waktu Penelitian

                Penelitian ini di laksanakan pada semester I tahun pelajaran 2022/2023 pada

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun